Home / Liquid Control Flow Meter / Jenis dan Cara Kerja Flow Meter Liquid Control di Indonesia

article Jenis dan Cara Kerja Flow Meter Liquid Control di Indonesia cover image

Jenis dan Cara Kerja Flow Meter Liquid Control di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, peralatan konstruksi semakin berkembang bahkan juga makin canggih. Salah satu alat yang selalu ada di setiap rumah tangga maupun perkantoran dan industri adalah flow meter. Hampir semua orang selalu menggunakan alat ini khususnya flow meter Liquid Control.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur jumlah air, gas, atau material lainnya yang Anda butuhkan sehari-hari. Tidak heran kalau alat ini sangat penting untuk kebutuhan manusia. Lalu, apa sebenarnya flow meter, dan bagaimana cara kerjanya?

 

Apa itu Flow Meter liquid control ? 


Flow meter adalah sebuat alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Ada berbagai aspek yang diukur dengan alat ini, yaitu flow rate atau yang banyak disebut kecepatan aliran dan juga volume atau total massa dari material yang mengalir pada periode waktu tertentu.

 

 

Beberapa orang juga menyebut alat ini sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran bahkan bangunan industri. alat ini ada pada pressure gauge pada pompa manual, regulator gas, speedometer, pengukur PDAM, dan lain-lain.

 

Fungsi Flow Meter liquid control

 

Flow meter sendiri memiliki fungsi yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran yang elektronik yang masuk sehingga kebutuhan elektronik lebih efisien.

 

Kedua, alat ini juga kerap Anda jumpai di rumah tangga dan tempat pengisian bahan bakar. Gunanya adalah untuk mengukur berbagai aliran dari air, gas, solar, bensin, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat ini, Anda bisa mengetahui besaran material yang mengalir.

 

Ketiga adalah untuk menentukan efektivitas dan juga efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Dengan adanya alat ini, Anda dapat mengukur besaran material yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa mengatur besar kecilnya tiap komponen yang berhubungan dengan material tersebut, sehingga kebutuhan produksi dan konsumsi bisa lebih efisien.

 

 

Keempat, Anda dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya. Dengan adanya indikator pengukuran meterial, kita bisa menentukan jumlah material yang keluar untuk proses produksi atau konsumsi.

 

Kelima, Anda dapat mengantisipasi kerusakan suatu mesin produksi. Berbagai jenis alat seperti cooling system, pompa air, compressor, pipa, dan komponen yang berhubungan dengan aliran material ini punya potensi kerusakan. Dengan adanya alat ini, Anda dapat mengetahui potensi kerusakan melalui pengukuran dengan aspek tertentu.

 

Keenam, alat ini dapat memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya sehingga biaya pengolahan bisa lebih efisien dan terpantau.

 

Yang terakhir, alat ini dapat menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun Chiller. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui temperatur ruangan dalam angka.

 

Cara Kerja Flow Meter liquid control


Cara kerja flow meter berbeda-beda tergantung jenisnya. alat ini dibedakan berdasarkan beberapa faktor yaitu kecepatan aliran, perbedaan tekanan, perubahan temperatur, volume ruangan, dan getaran yang menghasilkan torsi. Cara kerja alat ini berdasarkan teori matematika atau fisika dengan rumusan tertentu. Variabel yang digunakan untuk menghitung besaran material didapat dari sensor yang mengacu pada hukum dan juga teori-teori sehingga menghasilkan satuan angka yang mendekati valid.

 

Liquid Control
 

Liquid Control Flow meter merupakan salah satu brand flow meter asal USA yang cukup terkenal dan banyak Anda temui di Indonesia. Alat dari Liquid Control ini memiliki desain yang unik sehingga tingkat menghasilkan akurasi yang baik, keausan yang minimal, dan biaya operasi yang juga cukup rendah.

 

Flow Meter LC ini menawarkan beragam harga, yaitu mulai Rp 20-an juta hingga Rp 90-an juta tergantung jenisnya. Untuk mencari distributor LC di indonesia tak perlu khawatir. Untuk mengetahui Flow Meter LC original ataupun distributor LC bisa Anda kunjungi di website resmi Liquid Controls Flow Meter Indonesia. Tentunya dengan harga yang lebih bersahabat.

 

Akurat dan Mudah Digunakan


Flow meter menjadi alat yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari. Mengingat kita juga membutuhkan material berupa gas, cairan, dan lainnya, alat ini dibutuhkan untuk mengetahui besaran aspek yang kita butuhkan untuk meterial tersebut. Salah satu flow meter yang akurat dan direkomendasikan adalah Flow Meter Liquid Controls. Selain terkenal, Brand asal USA ini juga diklaim punya akurasi yang cukup mendekati sempurna.