Home / Liquid Control Flow Meter / Flow Meter Digital: Ringkas, Praktis, dan Akurat

article Flow Meter Digital: Ringkas, Praktis, dan Akurat cover image

Flow Meter Digital: Ringkas, Praktis, dan Akurat

Flow meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur aliran berbagai material dalam bentuk cairan, gas, maupun powder. Pengukuran laju aliran zat berlangsung pada saat alat ini menyala. Terdapat dua jenis flow meter berdasarkan penampil angkanya, yaitu manual dan digital. Flow meter digital merupakan pengembangan dari manual. Pada manual, hitungannya menggunakan kolom angka manual. Sedangkan digital, hitungannya menggunakan layar digital.

 

Perbedaan Flow Meter Digital dengan Manual


Berikut perbedaan flow meter digital dan manual.

 

-Layar
Flow meter digital menampilkan angka menggunakan layar digital, sedangkan flow meter manual menampilkan angka dalam bentuk digit manual.

 

-Fisik
Fisik dari kedua alat pengukur ini juga berbeda, flow meter digital lebih ringkas daripada manual karena tidak memerlukan tempat lebih besar.

 

Material Penyusun


Alat pengukur aliran digital ini terbuat dari bahan besi cor dan plastik. Bahan plastiknya terdapat bagian counter digital di bagian tengah. Bagian counter cukup fleksibel karena Anda dapat memutarnya sampai 90 derajat untuk menyesuaikan posisi pada saat melakukan instalasi sehingga lebih mudah untuk membacanya. Meskipun layar digitalnya lumayan kecil, namun bisa menampilkan angka sampai 8 digit. Flow meter digital angkanya bisa di-reset menjadi 0 (nol) kembali setelah pemakaian. Karena counter-nya digital, maka alat tersebut memerlukan baterai untuk bisa tetap menyala.

 

Fungsi & Kegunaan


Flow meter fungsi utamanya adalah mengukur besar aliran dari beberapa fluida seperti cairan dan gas. Perusahaan minyak dan gas biasanya menggunakan flow meter untuk solar dan bensin yang akan dialirkan. Selain minyak dan gas, alat ini juga bisa untuk mengukur laju aliran listrik. Biasanya pengukuran ini perusahaan lakukan untuk memelihara rangkaian listrik.

 

Manfaat Flow Meter Digital


Pengukur digital ini memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:

 

-Memonitor perubahan panas dalam sebuah gedung yang memiliki alat pengkondisian suhu.
-Memudahkan untuk menghitung penghematan production cost.
-Menghindarkan dari kemungkinan rusaknya mesin.
-Membuat monitoring daur ulang limbah jadi lebih mudah.


Macam-Macam Flow Meter Digital

 


Flow meter digital ada bermacam tipe dan bentuk, seperti paparan berikut.

 

-Pengukur Aliran Digital Vortex


Pengukur aliran digital ini merupakan alat yang desainnya sangat compact. Meskipun ukurannya kecil, namun memiliki fungsi serbaguna.

 

Alat ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu: dapat mengukur laju berbagai tipe zat, punya diameter shell besar, bisa menampilkan hasil berbentuk digital maupun manual, dan cukup awet karena pendeteksiannya menggunakan sensor. Sedangkan untuk kekurangannya, flow meter digital ini tidak dapat mengukur zat solid.

 

-Pengukur Aliran Digital Magnetik


Magnetic flow meter mengandalkan induksi magnet untuk menghasilkan listrik. Alat ini memiliki dua komponen, yaitu sensor dan pembaca tegangan dengan display digital. Pengukur aliran yang biasanya memiliki akurasi 0,5% ini hanya dapat mengukur benda cair yang sifatnya konduktor. Jadi, alat ini mendeteksi ion-ion yang ada di dalam cairan yang bergerak melewatinya.

 

Cairan yang masuk dan keluar melewati alat ini tidak mengalami perubahan tekanan, karena di dalamnya tidak ada penghambat. Alat ini juga bisa Anda gunakan dari arah manapun.

 

-Pengukur Aliran Digital Coriolis


Sesuai namanya, Coriolis, saluran tempat zat melewati alat ini tidak horizontal atau vertikal seperti pengukur aliran lainnya, melainkan ada belokan ke arah bawah berbentuk U. Lebih akurat dari flow meter pada umumnya, alat ini bisa mencapai level akurasi sampai 0,2% dan mengukur fluida dan gas yang memiliki suhu tinggi. Selain itu, alat ini juga dapat mengukur kerapatan, dan temperatur udara.

 

Kelebihan Flow Meter Digital


Berikut beberapa kelebihan dan keuntungan menggunakan flow meter digital.

 

-Instalasinya Cenderung Mudah


Tidak seperti flow meter manual, pemasangan flow meter digital cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu.

 

-Tingkat Akurasi Tinggi


Semakin rendah persentase akurasi sebuah flow meter, berarti semakin akurat. Flow meter digital memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Tingkat akurasinya kurang lebih mencapai 0,5%. Meskipun alat ini memiliki tingkat akurasi 0,5%, namun pengguna masih bisa menaikkan tingkat akurasinya menggunakan bantuan aksesoris lain, yaitu accuracy adjustor.

 

-Dapat Menyimpan Data Secara Otomatis


Flow meter ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data. Jadi, setiap data yang masuk akan tersimpan secara otomatis. Data yang tersimpan juga akurat, bahkan lebih akurat daripada flow meter jenis lain. Teknologi ini tentu akan memberi Anda kemudahan dalam pencatatan.

 

Gunakan Produk Terbaru untuk Layanan Terbaru


Demikian paparan mengenai flow meter digital. Jadi, selain flow meter manual, terdapat flow meter digital yang penampil angkanya dalam bentuk layar digital. Kemampuannya tidak kalah tangguh dari flow meter manual, bahkan bisa lebih efektif dan akurat.