Home / Liquid Control Flow Meter / Aksesoris Pendukung Flow Meter Liquid Control

article Aksesoris Pendukung Flow Meter Liquid Control cover image

Aksesoris Pendukung Flow Meter Liquid Control

Liquid Control merupakan salah satu produsen alat-alat flow meter yang terkenal di dunia. Pusat produksi dari Liquid Control ini berbasis di Amerika Serikat. Dengan mengusung tagline “When Accuracy Counts” produk flow meter Liquid Control memberikan jaminan akurasi paling berkelanjutan dari setiap meteran di kelasnya. Disamping itu, produsen ini juga menawarkan alat flow meter dengan kualitas premium, tingkat akurasi yang baik serta masa pakai lebih lama. Selain flow meter, Liquid Control juga menyediakan berbagai macam aksesoris pendukung flow meter.

 

Liquid Control menjual berbagai macam jenis flow meter di berbagai ukuran dan penggunaan. Diantaranya mulai dari Positive Displacement (PD) Flow meter, Turbine flow meter, Electromagnetic Flow Meter dan Mass Flow Meter. Banyaknya pilihan flow meter dapat memudahkan pembeli dalam menentukan jenis flow meter mana yang sesuai kebutuhan.

 


Aksesoris Pendukung Flow Meter

 

Selain alat flow meter sebagai perangkat utama di dalam kegiatan pengukuran aliran. Dibutuhkan juga beberapa alat lain yang berfungsi sebagai pendukung dari proses pengukuran. Keberadaan dari aksesoris pendukung ini yaitu sebagai alat sampingan yang dapat membantu kinerja dari flow meter sebagai alat pengukur utama. Beberapa di bawah ini akan diulas beberapa jenis aksesoris pendukung merk Liquid Control yang sering digunakan dengan flow meter di dunia industri.

 


Electronic Printers

 

Printer elektronik merupakan aksesoris pendukung yang cukup penting. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak data informasi agar dapat dituangkan dalam bentuk fisik. Sehingga data informasi terkait hasil pengukuran aliran dapat dibaca dan dijadikan dokumen.

 

Printer elektronik dengan merk Liquid Control ini menawarkan output alfa dan numerik untuk berbagai format cetak. Selain itu, secara body dan desain, alat ini berdiri sendiri sehingga memungkinkan peningkatan atau penggantian yang mudah. Dengan rentang suhu pengoperasian -400C hingga 700C serta berdaya 24VDC menjadikan electronic printers ini merupakan opsi yang pas dalam memilih jenis printer elektronik terbaik untuk kegiatan industri.

 


Differential Pressure Sensor

 

Terkadang kita tidak perlu mengetahui tekanan absolut dari cairan atau gas. Sebaliknya, hanya perbedaan antara dua titik dalam sistem yang dipantau yang perlu diketahui. Dalam situasi seperti ini, anda dapat berpindah untuk menggunakan differential pressure sensor.

 

Sensor tekanan diferensial akan memberi anda pengukuran komparatif antara dua titik. Kedua titik ini misalnya pada bagian sebelum dan sesudah katup dalam pipa. Jika katup terbuka penuh, tekanan di kedua sisi harus sama. Jika ada perbedaan tekanan, bisa jadi katup tidak dapat terbuka penuh atau ada penyumbatan.

 

Differential pressure sensor biasanya dikemas dengan dua lubang (port) tempat pipa dapat dipasang. Pipa-pipa tersebut kemudian dihubungkan ke sistem dimana pengukuran akan dilakukan. Aksesoris pendukung ini dapat diintegrasikan ke dalam fitting standar, dimana memungkinkannya untuk dipasang pada pipa yang ada.

 

Cara kerja dari alat ini dalam merasakan tekanan dipandang cukup sederhana. Biasanya dua tekanan yang akan diukur diterapkan pada sisi berlawanan dari diafragma tunggal. Kemudian defleksi diafragma, baik positif atau negatif akan menentukan perbedaan tekanan. Beberapa differential pressure sensor sebenarnya mengunakan dua sensor absolut terpisah. Kemudian memanfaatkan elektronik internal untuk menghitung dan memberikan perbedaan tekanan ke sistem kontrol.

 

Differential pressure sensor dengan merk Liquid Control menawarkan alat sensor tekanan dengan kualitas terbaik. Dengan body berbahan stainless steel yang mampu mengukur tekanan pada suhu -400C hingga 800C. Selain itu juga memiliki tingkat akurasi yang baik yakni sebesar ±0.2%.

 


Pulse Output Device

 

POD atau Pulse Output Device merupakan alat pendukung yang mengubah gerakan putar flow meter menjadi aliran pulsa dengan resolusi tinggi. Alat ini biasanya dipasang langsung ke penutup depan flow meter. Gerakan rotor secara magnetis digabungkan melalui dinding stainless steel ke kompartemen elektronik POD. Pulsa eelektronik yang dihasilkan oleh POD mudah disesuaikan dengan berbagai macam perangkat pemantauan elektronik dan peralatan kontrol.

 

Liquid Control juga menjual alat Pulse Output Device. Dengan menggunakan material aluminium alloy, alat ini dapat dipasang pada flow meter. Berbeda dengan merk produk lain, POD dari Liquid Control ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dengan tingkat keawetan alat yang tinggi.

 


Electronic Temperature Volume Compensation (ETVC)

 

ETVC kit merupakan aksesoris pendukung yang secara elektronik digunakan untuk merekam dan menghitung perubahan suhu produk. Fitur yang ada pada alat ini termasuk pemrograman lapangan untuk suhu dasar dan tabel koeifisien ekspansi (API). Aksesoris pendukung ini menyediakan kalibrasi lapangan yang mudah untuk standar berat dan ukuran.

 

Adapun kelebihan dari ETVC merk Liquid Control ini yaitu akurat pada rentang suhu hingga 0,450C. Selain itu, dengan rentang operasi -400C hingga 700C dapat memberikan akurasi pada seluruh rentang suhu produk.

 


Kesimpulan dari Aksesoris Pendukung Flow Meter

 

Aksesoris pendukung pada flow meter tentu memiliki peran yang cukup vital. Dimana keberadaan dari alat-alat ini dirasa mampu meningkatkan kinerja dari flow meter, khususnya pada saat proses pengukuran aliran. Liquid Control selaku brand flow meter terkemuka menyediakan berbagai macam jenis aksesoris pendukung.

 

Selain yang sudah diuraikan diatas, masih banyak terdapat jenis aksesoris pendukung lainnya. Diantaranya seperti strainers, bulk plant air eliminators, steel air eliminators dan optical air eliminators.