Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Here's How to Use a Positive Displacement Flow Meter

article Here's How to Use a Positive Displacement Flow Meter cover image

Here's How to Use a Positive Displacement Flow Meter

Positive Displacement Flow Meter (PD Flow Meter) atau flow meter perpindahan positif dalam bahasa Indonesia memberikan Anda solusi yang tepat untuk aplikasi yang melibatkan cairan kental. Seperti minyak, bahan bakar, dan pelarut. Jenis flow meter lainnya akan sangat sulit untuk mengukur jenis cairan kental tersebut. PD Flow Meter memberikan akurasi tinggi, pembacaan yang tidak terpengaruh viskositas, serta tidak memberikan persyaratan pipa hulu untuk pemasangannya. Alat ini banyak digunakan sebagai pengukur air rumah tangga serta pengisian batch cairan dan gas.

 

Bagaimana Cara Penggunaan PD Flow Meter?


 
PD flow meter memiliki dua roda gigi penyambung mesin presisi yang berputar di dalam ruang pengukuran, dan menghitung putaran roda gigi untuk menentukan laju aliran volumetrik cairan. Setiap desain perpindahan positif menggunakan cara yang berbeda untuk mengisolasi dan menghitung volume ini. Pengukur aliran perpindahan positif ini berfungsi serupa dengan pompa perpindahan positif. Kecuali bahwa dalam pompa perpindahan positif, roda gigi menggerakkan media cair dan dalam pengukur aliran PD, media cair menggerakkan roda gigi.

 

Read also : Jual Positive Displacement Flow Meter

 

Semua flow meter ini memiliki akurasi tinggi (hingga ±0,1% pembacaan), pengulangan yang sangat baik (hingga 0,05% pembacaan), rasio turndown yang lebar hingga 100:1, dan kemampuan untuk mempertahankan tingkat kinerja tersebut.

 

Komponen dan Fungsi PD Flow Meter
 
 

Teknik perpindahan positif adalah salah satu teknologi pengukuran aliran tertua yang ada dan telah digunakan selama lebih dari seratus tahun. Terdapat beberapa komponen utama yang ada pada PD flow meter, di antaranya: lubang masuk (port inlet) dan keluar (outlet), ruang ukur, dan satu atau lebih roda gigi.  Pertama-tama, aliran cairan akan masuk melalui port inlet dan mengaktifkan roda gigi. Kemudian, kecepatan putaran rotor sama dengan arah dan energi aliran fluida, sinyal terdeteksi oleh pemancar yang terhubung. Setelah itu, cairan akan keluar dari lubang outlet. 

 

See Our Product : Liquid Controls Flow Meter MSA-75

 

Selama ini, berbagai jenis pengukur PD menggunakan berbagai macam roda gigi, seperti roda gigi bulat, roda gigi lobus, roda gigi heliks, dan elemen putaran cakram mur. Penggunaan roda gigi ini bertujuan untuk membuat segel di dalam ruang pengukuran. Hal ini untuk memastikan bahwa semua cairan diukur secara akurat sebelum keluar.

 

Manfaat PD Flow Meter

 

PD Flow Meter memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

-Keandalan 

 

Jika Anda memilih flow meter yang tepat untuk aplikasi Anda, bisa dipastikan selama bertahun-tahun Anda akan bebas dari masalah terkait produk ini. Alat ukur yang telah digunakan selama bertahun-tahun, seringkali kembali dalam proses pemeliharaan dan Kalibrasi Flow Meter ulang. Dengan keandalan yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kerusakan yang terjadi pada flow meter Anda.

 

-Akurasi 

 

Selain keandalan, PD flow meter juga memiliki akurasi yang tinggi. Dengan tingkat akurasi tinggi, jarak bebas antar permukaan penyegelan tetap terjaga. Semakin tinggi tingkat akurasinya, semakin kecil jarak bebasnya.

 
-Perawatan yang Mudah

 

Sering melakukan perawatan terhadap aplikasi memang cukup berat. Oleh karena itu, PD flow meter memiliki tingkat perawatan rendah. Jika flow meter memproses cairan pelumas yang baik, maka Anda bisa meminimalkan perawatan rutin. Sebaliknya jika cairan pelumas buruk, maka sudah tentu Anda akan melakukan perawatan rutin.

 
-Rentang dan Pengulangan 

 

Manfaat lain dari PD flow meter adalah kemampuannya untuk memproses rentang viskositas yang besar dan tidak jarang mengalami tingkat akurasi yang lebih tinggi saat memproses cairan viskositas tinggi. 

 

Keterbatasan Flow Meter

 

Di samping beberapa keunggulan, ada pula keterbatasan dari produk satu ini. Pertama, cairan yang mengandung partikel besar tidak boleh menggunakan alat ini. Perlu adanya penyaringan terlebih dahulu sebelum cairan masuk ke ruang pengukuran. Selain itu, PD flow meter juga tidak cocok untuk aplikasi di mana terdapat banyak kantong udara di dalam cairan. Meski begitu, eliminator udara masih tersedia untuk aplikasi ini.

 

Hemat Daya, Fungsi Optimal

 

Salah satu alasan mengapa memilih PD flow meter adalah dapat berfungsi tanpa daya. Tidak perlu lagi mengalirkan daya ke meteran karena aliran total dapat dipantau secara akurat di hampir semua unit teknik yang diinginkan pengguna.

 

See Our Product : Liquid Controls Flow Meter MSA-30

 

Sebagian besar flow meter sensitif terhadap turbulensi. Artinya, sejumlah pipa lurus dan kaku harus terpasang baik di hulu maupun di hilir meter untuk mengurangi turbulensi dan mengukur aliran secara akurat. Namun, Positive Displacement Flow Meter tidak memiliki persyaratan ini.