Home / Liquid Control Flow Meter / Mengenal Liquid Controls Flow Meter MSAA Series dan Keunggulannya

article Mengenal Liquid Controls Flow Meter MSAA Series dan Keunggulannya cover image

Mengenal Liquid Controls Flow Meter MSAA Series dan Keunggulannya

Keberadaan Liquid Controls Flow Meter memang cukup penting terlebih untuk seseorang yang bekerja menggunakan alat ini. Ada ragam jenis Flow meter, salah satunya Liquid controls flow meter MSAA Series. Liquid controls flow meter ini sendiri merupakan merek yang berasal dari USA. Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan dibandingkan dengan merek yang lain. Penasaran apa saja? Berikut ulasan pengertian Liquid Controls Flow Meter MSAA Series beserta keunggulannya!

 

Pengertian Liquid Controls Flow Meter MSAA Series


Sebelumnya, apa itu Liquid Control Flow Meter? Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Liquid Control Flow Meter merupakan salah satu merek flow meter asal USA. Merek ini cukup terkenal bahkan di dunia. Hal ini karena Liquid Control flow meter jenis ini dapat menghasilkan flow meter positive displacement. Positive Displacement yang dihasilkan pun juga memiliki presisi yang akurat dibandingkan dengan merek lain. Selain itu hasilnya pun juga dapat dibaca langsung dan dapat diaplikasikan langsung dengan berbagai cairan fluida.

 

Liquid Controls Flow meter ini sendiri memiliki banyak sekali series yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Diantaranya yakni M-Series, MS-Series Meter, dan tentunya MSAA series. Alat ini dapat diaplikasikan pada beragam kebutuhan, seperti:

 

1. Truk Metering System


Liquid Controls Flow Meter dapat digunakan sebagai truk metering system. contohnya adalah untuk mengukur bahan bakar yang dimurnikan, LPG, bahan bakar penerbangan, minyak pelumas dan sejenisnya.

 

2. Bulk Plant atau Terminal Metering


Selain untuk kebutuhan truk metering system, liquid controls flow meter juga dapat Anda gunakan untuk keperluan Bulk Plant atau juga dikenal dengan terminal metering. Misalnya dalam penggunaan produk minyak bumi mentah, bahan bakar alternatif, produk minyak bumi dan LPG, aspal, dan lainnya.

 

3. Dispenser Metering


Tak hanya untuk kedua kebutuhan di atas, Liquid controls flow meter juga dapat digunakan sebagai dispenser metering seperti LPG dan Solar.

 

4. Industri


Kebutuhan terakhir yang dapat menggunakan alat ini adalah untuk keperluan industri. Seperti untuk kebutuhan farmasi, tinta cetak, pulp dan kertas serta industri lainnya.

 

Perbedaan MSAA Series dengan Series Lain


Karena banyaknya series yang ada, Anda perlu tahu perbedaan antara MSAA Series dengan series lainnya. Lantas apa saja perbedaanya? Berikut penjelasannya!

 

 

Pada dasarnya series MSAA dan series yang lain itu hampir sama, yang membedakannya adalah spesifikasi dan fiturnya. Untuk lebih jelasnya mengenai fitur, Anda dapat melihat pada gambar di atas. sementara untuk fitur MSAA sendiri diantaranya yakni:

 

1. Akurasi berkelanjutan. Yang artinya tidak ada kontak logam ke logam di dalam ruang pengukuran yang berarti penurunan akurasi minimal dari waktu ke waktu. Kalibrasi ulang juga lebih sedikit dan tentunya masa pemakaian yang dapat digunakan cukup lama.


2. Meter sesuai dengan persyaratan akurasi timbangan dan ukuran internasional NIST.


3. Rentangan suhu yang lebar yakni produk dapat diukur secara akurat dalam rentang suhu -40 derajat celcius hingga 71 derajat celcius.


4. Rentang viskositas yang lebar.

5. Adaptasi maksimum.


6. Peringkat tekanan yang tinggi.


Keunggulan Liquid Controls Flow Meter MSAA Series

 

 


Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan dari series MSAA ini. diantara keunggulan Liquid controls flow meter MSAA adalah:

 

1. Cocok untuk operasi pada gravitasi tekanan rendah seperti pompa. Hal itu karena Liquid controls flow meter MSAA ini dilapisi dengan cangkang berbentuk bulat seperti baja. Sehingga flow meter ini memiliki akurasi yang baik tanpa adanya kontak antara logam ke logam.


2. Bagian luar dilapisi dengan epoksi atau anti karat yang biasa industri penerbangan gunakan. Elemen pengukuran dan bahan seal yang digunakan sangat cocok untuk pengaplikasian di berbagai perminyakan, petrokimia, dan industri lain.


3. Meter sesuai dengan standar akurasi NIST atau badan meteorologi di Amerika.


4. Akurasi, kinerja dan ketahanan jangka panjangnya telah teruji.


5. Desain dan konstruksi yang sederhana dan akurasinya yang berkelanjutan membuat pelanggan lebih banyak memilih jenis ini.
Itulah pembahasan mengenai Liquid controls flow meter MSAA Series mulai dari pengertian, perbedaanya dengan series lain hingga keunggulannya.