Home / Liquid Control Flow Meter / Rekomendasi Jasa Kalibrasi Flow Meter LC Profesional & Berpengalaman

article Rekomendasi Jasa Kalibrasi Flow Meter LC Profesional & Berpengalaman cover image

Rekomendasi Jasa Kalibrasi Flow Meter LC Profesional & Berpengalaman

jasa kalibrasi flow meter LC

Canva

deskripsi: kalibrasi pada alat flow meter Liquid Controls

 

Selain layanan pemasangan Liquid Controls (LC) flow meter, distributor produk flow meter yang Anda beli umumnya juga menyediakan jasa kalibrasi flow meter LC. Apa sebenarnya jasa ini dan apa saja manfaatnya? 

 

Apa itu Jasa Kalibrasi Flow Meter LC?
jasa kalibrasi flow meter 

 

Freepik

deskripsi: mesin dan komponen perpipaan dalam industri 

 

Jasa kalibrasi flow meter merek LC merupakan layanan jasa yang umumnya tersedia dan bisa Anda manfaatkan melalui distributor atau penyedia produk LC flow meter. 

Baca Juga : Kalibrasi Flow Meter Beserta Manfaatnya

 

Di samping itu, tidak sembarang orang boleh melakukan kalibrasi pada komponen LC flow meter. Hanya teknisi berlisensi dari perusahaan yang memiliki sertifikat kalibrasi saja yang boleh melakukannya. Hal ini untuk menghindari insiden yang dapat menyebabkan cedera serius atau kematian.

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter MA-7

 

Sementara itu, kalibrasi terhadap alat flow meter itu sendiri adalah proses pengecekan dan pembandingan pada alat sistem flow meter untuk mengetahui apakah tingkat presisi, konsistensi, dan akurasi alat tersebut telah sesuai dengan spesifikasi alat tersebut. 

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter MA-15

 

Sementara itu, alat flow meter memerlukan kalibrasi tidak hanya pada perakitan flow meter yang baru Anda beli. Anda perlu proses kalibrasi untuk flow meter ketika alat flow meter Anda menunjukkan penyimpangan atau ketidaksesuaian pada hasil pengukuran flow meter LC. 

 

Misalnya, terdapat selisih yang signifikan antara hasil pengukuran di layar flow meter dengan jumlah material fluida pada tangki.

Beberapa alat flow meter juga perlu mendapat kalibrasi ketika alat tersebut mengalami shock atau berada dalam kondisi cuaca yang tiba-tiba berubah. Jadi, kapanpun alat menunjukkan hasil yang patut Anda pertanyakan, saat itu pula kalibrasi alat flow meter perlu Anda pertimbangkan.

 

Prosedur Kalibrasi Flow Meter LC 
 sertifikat kalibrasi

 

Freepik

deskripsi: rangkaian pipa dalam pabrik

 

Pada umumnya, teknisi ahli melakukan prosedur kalibrasi flow meter dengan berbagai cara. Namun, pada intinya cara-cara tersebut berkaitan dengan melakukan perbandingan dan penyesuaian terhadap pengukur aliran yang Anda miliki.

 

Teknisi kalibrasi perlu melakukan perbandingan dan penyesuaian tersebut untuk mendapatkan sistem flow meter yang sesuai dengan standar. Sementara itu, ada 3 prosedur yang umumnya teknisi ahli gunakan, di antaranya:

 

1. Prosedur Master Meter


Pada prosedur ini, teknisi ahli melakukan perbandingan antara flow meter yang klien miliki dengan flow meter “master” yang beroperasi sesuai dengan standar aliran tertentu.

 

Selanjutnya, mereka melakukan perbandingan pembacaan volume cairan pada kedua flow meter tersebut. Kemudian, teknisi ahli tersebut melakukan penyesuaian antara flow meter yang diuji dengan meter master yang terpasang.

 

2. Prosedur Piston Prover


Pada prosedur ini, Anda memerlukan sebuah alat berupa perangkat silinder berdiameter tertentu untuk menguji volume fluida yang mengalir ke pengukur aliran. Sementara itu, industri umumnya menggunakan metode piston prover ini untuk kalibrasi fuel flow meter, ultrasonik flow meter, dan turbin flow meter.

 

3. Prosedur Gravimetri


Beberapa industri yang menggunakan metode kalibrasi ini contohnya industri minyak, petrokimia, pemurnian air, dan sebagainya. Pada prosedur ini, teknisi ahli menempatkan sebagian kecil cairan fluida pada meteran uji. 

 

Sembari membiarkan cairan mengalir selama 60 detik, teknisi ahli juga menghitung massa cairan tersebut menggunakan timbangan untuk proses kalibrasi.

 

Selanjutnya, teknisi mengalihkan cairan uji ke wadah pembuangan. Penghitungan laju aliran (flow rate) bisa Anda dapatkan dengan membagi berat volumetrik dengan durasi tes.

 

Terakhir, teknisis melakukan perbandingan dan penyesuaian hasil penghitungan tersebut dengan laju aliran pada spesifikasi flow meter.

 

Mengapa Perlu Kalibrasi Flow Meter LC? 

kalibrasi alat
 

Freepik

deskripsi: panel kontrol pada pipa kuning

 

Para ahli teknologi di bidang flow meter menyarankan bahwa sistem flow meter perlu mendapatkan kalibrasi secara rutin. Hal ini karena proses kalibrasi pada LC flow meter dapat:

 

Menghilangkan penyimpangan atau error pada tahap awal sebelum flow meter mengalami kerusakan yang lebih parah.
Memastikan alat flow meter dapat bekerja sesuai dengan spesifikasinya.
Meningkatkan kualitas dan nilai pada hasil atau produk suatu industri seperti farma kimia, transportasi, kemaritiman, dan sebagainya.
Memastikan alat flow meter aman dalam sistem pengoperasiannya sehingga tidak membahayakan operator atau tenaga kerja.
Sementara itu, frekuensi atau seberapa sering LC flow meter perlu mendapat kalibrasi tergantung pada banyak hal. Salah satunya yaitu seberapa sering pengukuran flow meter menyimpang atau tidak akut sehingga mempengaruhi kualitas dan hasil.

 

Rekomendasi Jasa Kalibrasi Flow Meter LC Profesional

liquid controls
 

Unsplash

deskripsi: panel kontrol pada pipa kuning

 

Setelah mengetahui manfaat pentingnya prosedur kalibrasi, sebaiknya pelajari juga bagaimana kinerja setiap komponen flow meter Anda. Hal ini untuk menentukan seberapa rutin alat perlu mendapat kalibrasi. 

 

Beberapa kalangan melakukan kalibrasi setiap sekian bulan atau setiap penggunaan berat. Apabila tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi profesional atau supplier produk LC flow meter yang Anda beli.

 

Nah, percayakan kalibrasi flow meter Anda hanya pada jasa kalibrasi flow meter LC andal dan berpengalaman yang bisa dengan mudah Anda pesan melalui liquidcontrolsflowmeterindonesia.com. Selain andal dan tepercaya, tim kami juga berlisensi dan berpengalaman dalam layanan kalibrasi.