Home / Liquid Control Flow Meter / Kalibrasi Flow Meter : Tujuan, Jenis Alat, dan Biayanya

article Kalibrasi Flow Meter : Tujuan, Jenis Alat, dan Biayanya cover image

Kalibrasi Flow Meter : Tujuan, Jenis Alat, dan Biayanya

Kalibrasi flow meter

Anda penasaran tentang apa itu flow meter dan apa kegunaannya? Iya, alat ini adalah salah satu alat yang sangat berguna dalam proses industri. Flow meter mempunyai fungsi sebagai alat ukur laju aliran/fluida maupun gas. Lalu apa itu kalibrasi flow meter

 

Baca Juga : Kalibrasi Flow Meter Beserta Manfaatnya

 

Proses kalibrasi pada flow meter biasanya menggunakan alat khusus yang berfungsi salah satunya untuk menghindari kecelakaan kerja. Untuk itu, agar Anda semakin tahu tentang flow meter, silahkan cek uraian di bawah ini! 

 

Apa Itu Kalibrasi Flow Meter?


Seperti yang telah diketahui, sistem flow meter termasuk alat ukur yang berguna untuk mengetahui seberapa besar aliran suatu fluida cair maupun gas. Alat ini memiliki berbagai jenis dan model. Dari segi penggunaan alat ini disesuaikan dengan tujuan serta jenis fluida. 

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls System Accesories Diffenrential Valve

 

Adapun berdasarkan fluidanya, flow meter bisa dibagi menjadi flow meter liquid, flow meter steam, flow meter slurry, dan flow meter gas. Sedangkan, istilah flow meter steam merujuk pada kombinasi fluida gas dan liquid dan flow meter slurry merujuk pada kombinasi fluida padat dengan cair. 

 

LIhat Produk Kami : Liquid Controls System Accesories Air Eliminator

 

Berkaitan dengan kalibrasi pada perakitan flow meter LC seharusnya Anda yang bergelut dengan peralatan instrumen sudah lebih familiar dengan hal ini. Instrumen sendiri merupakan alat yang berguna untuk mengukur ukuran dari suatu benda yang ingin Anda ketahui ukurannya. 

 

Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui luas, suhu, arus, berat daya, panjang debit air, kecepatan, dan lain sebagainya. Penggunaan flow meter yang dilakukan secara rutin memberikan kemungkinan pembacaan tidak sesuai dengan fakta. 

 

Hal inilah kenapa flow meter perlu di setting ulang atau dalam istilah industri adalah kalibrasi. Tujuan setting ulang atau kalibrasi ini supaya hasil pembacaan flow meter sesuai dengan fakta. Jika tidak demikian, minimal mendekati fakta dengan penyimpangan yang diizinkan atau dengan akurasi yang sesuai.

 

Apa Tujuan Kalibrasi pada Komponen Flow Meter? 


Kalibrasi pada dasarnya merupakan suatu keharusan dan akan semakin baik jika dilakukan setiap dua tahun sekali. Kondisi ini untuk memastikan bahwa produk perusahaan yang dijual akan tetap terjamin kualitasnya. 

 

Lebih daripada itu, proses kalibrasi akan sangat membantu berjalankan produksi semakin optimal. Dengan demikian, perusahaan juga akan semakin produktif dalam menjalankan aktivitasnya. Adapun inilah beberapa tujuannya yaitu: 

 

1. Untuk meminimalisir dan menghindari kecelakaan kerja. 
2. Menjaga alat ukur agar selalu dalam kondisi yang optimal. 
3. Akurasi hasil ukur dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. 
4. Kualitas produk akan terus terjaga. 

 

Jenis-Jenis Kalibrasi Pada Flow Meter
Jasa kalibrasi flow meter 

Untuk menjalankan kalibrasi, maka dibutuhkan alat kalibrasi flow meter yang bernama kalibrator. Kemudian hasil pengukuran kalibrator digunakan untuk membantu menentukan nilai pengukuran dari flow meter serta mengatur ulang dengan akurasi yang sesuai. 

 

Ada dua jenis kalibrasi pada flow meter yang banyak digunakan dalam bidang industri, yaitu: 

 

1. Wet Calibration 


Wet calibration atau kalibrasi basah adalah kalibrasi yang terdiri dari dua jenis yakni flow calibrator dan weight scale calibration. Jenis kalibrasi basah diadopsi saat cairan jauh lebih dingin atau panas dari suhu lingkungan serta uap cairan/kondensat mengisi kaki kering. 

 

LP leg dari set-up pemancaran differential pressure perlu diisikan beberapa larutan buffer. Larutan ini untuk penyangga yang digunakan dalam bidang industri biasanya adalah solar, gliserin, glikol, maupun cairan yang sama dari tangki. 

 

2. Kalibrasi Flow Meter Dry Calibration 


Jenis kalibrasi kering atau kalibrasi kaki kering yang berasal dari pemancar tekanan diferensial dan dijalankan dalam tangki bertekanan dan tertutup. Metode ini merupakan salah satu metode yang cukup mudah dilakukan. 

 

Metode satu ini mirip dengan kalibrasi level tangki yang terbuka. Pada tangki tertutup, titik paling bawah merupakan HP atau titik tekanan tinggi, lalu titik paling atas adalah LP atau titik tekanan rendah. 

 

Bagi Anda yang ingin melakukan proses kalibrasi Anda membutuhkan jasa kalibrasi flow meter yang terbaik dan berkualitas. Salah satu tempat yang dapat diandalkan adalah PT Badja Abadi Sentosa.

 

Berapa Biaya Kalibrasi untuk Flow Meter? 


Bagi Anda yang membutuhkan alat kalibrasi ini, Anda bisa mempercayakan kepada Liquid Controls Flow Meter Indonesia. Ada banyak jenis flow meter dengan kualitas yang beragam. Berkaitan dengan harga, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan industri Anda. 

 

Hal ini tentu akan memudahkan dalam memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi bagi Anda yang penasaran dengan berbagai produk flow meter yang ada di lokasi kami, Anda bisa cek website kami untuk info selanjutnya. 

 

Demikianlah informasi tentang kalibrasi flow meter yang perlu diketahui. Adapun bagi Anda yang ingin menggunakan jasa kalibrasi untuk flow meter atau membeli alat flow meter bisa mempercayakan kepada kami di Liquid Controls Flow Meter Indonesia.