Home / Liquid Control Flow Meter / Inilah High Capacity Strainer, Fungsi dan Tips Membelinya

article Inilah High Capacity Strainer, Fungsi dan Tips Membelinya cover image

Inilah High Capacity Strainer, Fungsi dan Tips Membelinya

High Capacity Strainer

Salah satu alat yang hampir selalu ada di pabrik adalah saringan. Baik itu saringan air, udara, gas, maupun saringan untuk material lainnya. Oleh karena itu dibuatlah berbagai jenis saringan yang bisa digunakan sesuai fungsi dan kebutuhannya. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu high capacity strainer.

 

Secara bahasa, strainer memiliki arti saringan. Maka secara harfiah capacity strainer adalah saringan kapasitas tinggi. Mungkin alat ini tidak begitu dikenal banyak orang karena penggunaannya lebih sering di pabrik atau tempat-tempat tertentu lainnya. 

 

Selain itu ada juga jenis saringan lainnya yang lebih dikenal seperti high capacity air filter atau high capacity fuel filter. Namun di artikel ini akan khusus membahas tentang saringan berkapasitas tinggi. Simak ulasan di bawah ini untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu high capacity strainer dan kegunaannya.

 

Mengenal High Capacity Strainer


Dalam dunia industri, setiap alat dan bahan yang digunakan harus memenuhi standar operasional produksi. Termasuk standar yang harus terpenuhi adalah tentang kapasitas alat yang digunakan di dalam pabrik.

 

Tujuan dibuatnya standar tersebut adalah untuk meminimalisir risiko kerusakan alat dan produk, mempertahankan kualitas produk, serta menghasilkan produk terbaik. Maka tidak hanya bahan produksi saja yang harus berkualitas, tapi setiap alat yang digunakan juga harus sesuai kebutuhan produksi.

 

Salah satu alat penting yang digunakan di pabrik adalah saringan atau strainer. Fungsi utama saringan adalah untuk menyaring atau memfilter material-material besar maupun kecil sebelum digunakan untuk bahan produksi.

 

Saringan biasanya dipasang di ujung saluran pompa agar material yang akan dialirkan melalui pompa bisa lebih halus dan bersih. Karena jika dalam aliran material terdapat benda-benda kasar, maka sangat berpotensi menghambat aliran dan merusak pompa.

 

Ada dua jenis saringan yang ada di pasaran, yaitu pump suction strainer (saringan penghisap pompa) dan inline filters (filter/saringan bentuk garis-garis). Masing-masing jenis saringan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

 

Namun untuk jenis saringan yang sering digunakan di kegiatan-kegiatan industri adalah saringan berkapasitas tinggi atau high capacity strainer. Saringan kapasitas tinggi ini jelas berbeda dari jenis saringan yang ada di pasaran karena beda kegunaannya.

 

Fungsi utama saringan berkapasitas tinggi adalah untuk melindungi sistem pompa. Jadi saringan berkapasitas tinggi tidak berfungsi sebagai filter, tapi melindungi pompa dan meteran agar laju aliran tetap terjaga.

 

Selain saringan berkapasitas tinggi, sistem pompa juga menggunakan saringan jenis lainnya yang berfungsi sebagai filter. Jadi setiap aliran akan melewati dua jenis saringan untuk menjaga kualitas cairan dan sistem pompa tersebut. 

 

Beli High Capacity Strainer


Sebelum membeli alat high capacity strainer, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama pilih jenis strainer yang cocok dengan sistem pompa, karena jika tidak cocok maka bisa merusak pompa dan membuat proses produksi di pabrik jadi terhambat.

 

Kedua, Anda perlu memperhatikan proses instalasi atau posisi ditempatkannya saringan tersebut. Karena jika terjadi salah posisi, tidak hanya pompa yang mengalami kerusakan, alat saringan juga bisa cepat rusak.

 

Apabila pabrik Anda membutuhkan saringan berkapasitas tinggi, pastikan untuk membeli di toko atau distributor yang terpercaya supaya Anda bisa membeli produk yang bagus dan berkualitas.

 

Salah satu distributor yang menyediakan aksesoris lengkap untuk sistem pengukuran liquid controls adalah Liquid Controls Flow Meter Indonesia. Ada banyak produk aksesoris yang dijual, mulai dari strainer, air eliminator, dan aksesoris lainnya.

 

Liquid Controls Flow Meter Indonesia juga menyediakan layanan konsultasi via online sebelum pembelian produk supaya Anda tidak salah beli. Anda bisa menanyakan spesifikasi produk seperti kelebihan dan kekurangan produk, serta apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan. 

 

Selain menyediakan layanan konsultasi gratis, store ini juga memberikan garansi after sales dan perbaikan unit di luar sparepart untuk setiap produk yang Anda beli.

 

Anda bisa membeli produk Liquid Controls Flow Meter Indonesia dari mana saja. tim logistik kami akan mengirim pesanan Anda menggunakan jasa ekspedisi. Bagi Anda yang berdomisili di area Jakarta dan sekitarnya, kami menyediakan gratis ongkos kirim. 

 

Kunjungi website Liquid Controls Flow Meter Indonesia dengan klik di sini dan dapatkan produk high capacity strainer terbaik yang cocok untuk pabrik Anda dengan harga terjangkau.