article Positive Displacement Flow Meter cover image

Positive Displacement Flow Meter

Positive Displacement Flow Meter atau biasa yang disebut PD Flow Meter merupakan alat mekanis yang sering digunakan untuk mengukur laju aliran volumetric fluida. Dalam prosesnya, aliran yang bergerak melalui flow meter akan mendorong roda gigi pengukur. Aliran akan dibagi ke dalam rongga dengan volume tetap antara roda gigi dengan badan metering. Dengan kata lain, pengkurannya dilakukan dengan melewatkan volume cairan yang tepat pada setiap puataran.

Keunggulan dari Positive Displacement Flow Meter ialah kemampuannya menangani jenis cairan yang korosif maupun cairan dengan viskositas (kekentalan) yang tinggi, serta tidak terpengaruh dengan adanya turbulensi aliran di dalam pipa. Argometer diafragma, yang kebanyakan dipakai dalam rumah tanga, adalah contoh dari satu PD flow meter. Jenis meter  ini dalam aplikasinya menarik dan menahan serta mentransfer fluida dalam rangka mengambil ruang dalam meteran sehingga berfungsi dari alat ini guna membaca flow rate maupun total fluida yang mengalir berfungsi sebagaimana mestinya.

Umumnya, Positive Displacement Flow Meter memiliki dua tipe dasar sensor sistem atau transduser yang berpindah-pindah seperti perangkat yang menyediakan output untuk prosesor, controller, atau sistem akuisi data. Sedangkan untuk jenis kedua kinerja PD Flow termasuk tekanan operasi, temperatur, berat jenis material maksimum, ukuran koneksi, dan akurasi persen. Yang menentukan apakah PD Flow Meter yang dirancang untuk memindahkan cairan atau gas didasarkan pada perusahan yang memproduksi flow meter.

Walapun masing-masing PD flow meter memiliki desain yang bervarasi namun memiliki komponen utama yang sama, adapun komponen utama yang dimaksud meliputi:

 

·         Lubang masuk dan keluar (intlet and outlet port)

·         Ruang ukur (Measuring Chamber)

·         Satu atau lebih roda gigi (rotor)

 

Positive Displacement Flow Meter cukup dikenal karena akurasinya, khususnya untuk jenis yang memiliki dua buah roda gigi. Keunggulan lain dari jenis pengukur aliran ini diantaranya:

·         Tingkat akurasi tinggi (dimana 0,5% merupakan standar selisih), tingkat akurasi yang lebih tinggi juga tersedia sesuai dengan permintaan

·         Kemampuan untuk menangani berbagai tingkatan viskositas fluida, dari <1 cP hingga 500.000 cP

·         Kemampuan untuk beroperasi dengan tekanan aliran yang tinggi

·         Perawatan yang mudah

·         Ketersediaan suku cadang

Meskipun LC flow meter ini dapat diaplikasikan untuk berbagai cairan, namun bukan berarti cairan tersebut bebas mengandung partikel padat di dalamnya. Sebaiknya cairan telah melalui tahap penyaringan untuk menghindari kerusakan pada flow meter. Disamping itu, adanya kavitasi (gelembung udara) juga dapat menyebabkan dampak negatif terhadap komponen, jadi eliminator udara sebaiknya di pasang di hulu flow meter untuk mencegah kerusakan akibat adanya kavitasi serta memastikan pembacaan volume lebih akurat. Secara umum, Positive Displacements Flow Meter biasanya dapat digunakan selama bertahun-tahun atau dengan kata lain cukup tahan lama. Ketahanan tersebut dapat diperoleh bila kondisi aliran idealnya terus dipertahankan disertai dengan kalibrasi yang terus dilakukan secara berkala.

 

Read Also : Jual Liquid Controls Flow Meter MA Series Terbaik

 

Pemilihan jenis serta model flowmeter juga tergantung pada aplikasi dan disesuaikan kondisi lapangan khususnya bagi piping yang sudah eksis. Kesulitan instalasi baik karena posisi dan kondisi instalasi yang terhalang proses produksi tidak boleh berhenti harus diperhatikan dengan bersama. Dari cara instalasinya flow meter memiliki 5 jenis yaitu in line, insertion, clamp on dan open channel.

 

See Our Product : Liquid Controls Flow Meter MSA-75

 

Atau jika tuntutan akurasi atau lainnya, sehingga memaksa terhadap 1 jenis flow meter jika dibutuhkan lakukan rekayasa enginering. Tujuan dari rekayasa ini untuk mendapatkan manfaat yang optimal dengan akurasi yang diinginkan.

Beberapa  jenis positive displacement flowmeter yang tersedia dan  digunakan secara luas di dalam industriproses, antara lain: nutating disc, rotating valve, oscillating  piston,  oval  gear,  roots  (rotating lobe),  birotor,  rotating  impeller, receiprocating  piston  dan rotating  vane.  Perbedaan  penamaan  hanya didasarkan  pada  bentuk  alat  mekanis  di  dalam  chamber,  namun  prinsip operasi untuk pengukuran volumetric flow adalah sama.

 

See Our Product : Liquid Controls Flow Meter MSA-30

 

Sebagai bagian dari PT. Badja Abadi Sentosa yang sudah lama bergerak dalam bidang penjualan flow meter, tentu kami akan berkomiten dalam memberikan produk-produk dengan kualitas terbaik untuk membantu anda dalam memenuhi kebutuhan usaha anda.

Bagi anda yang tertarik dengan produk Positive Displacement Flow Meter dari kami, anda bisa kunjungi website kami untuk mencari informasi produk terlengkap dari kami atau bisa menghubungi kami melalui nomor 021-6498752.