Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Know Valve as Liquid Controls System Accessories

article Know Valve as Liquid Controls System Accessories cover image

Know Valve as Liquid Controls System Accessories

Agar kinerja Liquid Control berjalan maksimal, tersedia beberapa Liquid Controls system accessories sebagai pelengkap. Aksesori khusus LC ini dapat bekerja dan terhubung secara langsung dengan LC meter karena telah dirancang secara khusus.

 

Salah satu aksesori pada flow meter tersebut adalah valve atau lebih dikenal sebagai katup. Valve adalah sebuah alat mekanis yang berguna untuk mengontrol pergerakan cairan, gas, atau bubuk yang melalui tangki ataupun pipa.Cara katup dalam mengontrol adalah dengan membuka dan menutup sebagian atau keseluruhan dari aliran yang berada di dalam pipa tersebut.

 

Read Also : Positive Displacement Flow Meter: Definisi, Fungsi dan Aplikasinya

 

Proses pengoperasian dari valve atau katup ini bisa dengan menggunakan cara manual dan otomatis. Pengoperasian manual menggunakan tuas pedal, pegangan, atau cara lain.Sedangkan proses pengoperasian otomatis dilakukan sesuai dengan prinsip perubahan tekanan, aliran, serta suhu dalam pipa atau tangki. 

 

Baca Juga : Air Eliminator: Aksesoris Pendukung Kinerja Flow Meter

 

Semua perubahan ini akan mempengaruhi pegas, diafragma, serta piston, sehingga katup dapat bergerak membuka atau menutup secara otomatis.

 

Fungsi Valve Atau Katup
 

Ada beberapa fungsi Liquid Controls flow meter secara umum, yaitu:

 

1. Membuka dan Menutup Aliran
 

Katup dapat berfungsi sebagai pembuka atau penutup aliran yang ada dalam pipa. Namun untuk berfungsi baik harus memenuhi persyaratan. Persyaratannya adalah ketika katup terbuka, tingkat pressure loss dan hambatan alirannya harus berada pada posisi minimum.

Contoh katupnya adalah , ball valve, gate, butterfly, serta plug valve.

 

2. Mengatur Aliran
 

Fungsi kedua dari valve ini caranya adalah menahan aliran pada pipa melalui penggunaan sebuah hambatan atau merubah arah. Selain itu pengaturan aliran juga bisa dengan menggabungkan kedua cara tersebut.

 

3. Mengatur Tekanan
 

Saat pengaplikasiannya, beberapa tekanan masuk (line pressure) harus dikurangi supaya operator mendapatkan tekanan yang pas. Untuk mengatur tekanan ini dapat menggunakan regulator atau pressure-reducing valve.

 
4. Mencegah Adanya Back Flow (Aliran Balik)
 

Untuk mencegah aliran balik dapat menggunakan check  valve karena jenis katup tersebut akan selalu terbuka dan tertutup saat ada aliran yang berlawanan arah.

 

5. Sebagai Pelepasan Tekanan (Pressure Relief)
 

Penggunaan katup dapat membantu mencegah hal adanya tekanan berlebihan yang mengganggu saat proses pengaliran produk. 

 
Jenis-Jenis Valve
 
 
 
 

Karena banyaknya fungsi dari valve, maka jenisnya juga beragam untuk menyesuaikan dengan fungsi tersebut. Beberapa jenis valve flow meter lc original antara lain:

 

1. Gate Valve
 

Gate valve atau katup gerbang ini penerapannya adalah untuk membuka aliran dan banyak digunakan pada sistem pipa. Cara kerjanya yaitu dengan membuka bagian penutup yang berbentuk persegi panjang ataupun bulat. Penggunaannya tidak bisa untuk mengatur intensitas laju aliran, karena tipe ini hanya bisa membuka atau menutup secara penuh.

 

2. Globe Valve
 

Berbeda dengan gate valve, jenis ini bisa mengatur intensitas dari laju aliran cairan yang ada dalam pipa. Operator dapat memutar handle pada katup dengan mudah, sehingga besar kecilnya aliran dapat diatur sesuai kebutuhan. Jika industri yang menggunakannya memerlukan pengaturan khusus mengenai laju  aliran dengan kemampuan menutup yang baik, maka jenis ini bisa menjadi pilihan utama.

 

3. Ball Valve
 

Jika cairan atau produk pada industri yang memiliki suhu tinggi, maka ball valve merupakan jenis yang tepat. Jenis ini juga banyak digunakan oleh industri-industri karena juga mampu menahan tekanan mencapai 1000 bar dan suhu tertinggi sekitar 250 Derajat Celcius.

 

4. Plug Valve
 

Plug valve memiliki fungsi yang mirip dengan gate valve, yaitu menutup dan membuka aliran secara penuh. Namun pengaplikasiannya lebih sering untuk mengontrol aliran gas pada pipa, bukan pada cairan.

 
5. Butterfly Valve
 

Jenis katup ini lebih banyak digunakan untuk mengatur aliran dengan tekanan rendah, sehingga desain katupnya juga lebih sederhana. Karena desainnya yang simpel, untuk menutup dan membuka penuh aliran cukup menggunakan ¼ putaran saja.

 

See Our Product : Liquid Controls System Accesories Pulse Output Device

 

Berdasarkan penjelasan mengenai katup atau valve  dapat disimpulkan bahwa perannya sangat penting untuk mengatur laju maupun tekanan aliran cairan atau gas pada pipa. Hal tersebut pada akhirnya dapat mendukung kinerja dari Liquid Control flow meter pada industri. 

 

See Our Product : Liquid Controls System Accesories Air Check Valve

 

Berdasarkan fungsi hingga jenisnya, maka memilih katup sebagai Liquid Controls system accessories, membutuhkan kecermatan dan penguasaan terhadap bidang industri yang digeluti.