Home / Liquid Control Flow Meter / Mengenal Jenis-Jenis Liquid Control System Accessories dan Fungsinya

article Mengenal Jenis-Jenis Liquid Control System Accessories dan Fungsinya cover image

Mengenal Jenis-Jenis Liquid Control System Accessories dan Fungsinya

liquid control system accessories

Canva

Description: produk katup diferensial merek Liquid Controls

 

Optimalkan Kinerja Meter Anda dengan Beragam liquid control system accessories

 

Liquid Controls merupakan merek populer yang menyediakan berbagai jenis peralatan yang banyak industri butuhkan. Nah, bagi Anda penggunanya, ternyata ada beragam Liquid Controls system accessories untuk pengolahan atau transfer minyak dan gas.

 

Pada umumnya, aksesori bisa Anda beli untuk melengkapi sistem alat flow meter Liquid Controls.Sehingga, performa Liquid Controls meter dapat lebih optimal. Berikut ini beberapa jenis aksesori Liquid Controls. 

 

1. Katup (Valves)
 liquid control flow meter

Liquid Controls

Description: salah satu jenis katup sistem flow meter LC

 

Katup merupakan aksesori penting yang terdapat pada perangkat sistem Liquid Control. Alat ini umumnya berfungsi seperti pintu dan mengontrol aliran agar tidak mengalir dari satu saluran ke saluran lain.

 

Sementara itu, ada empat jenis katup pada perangkat alat Liquid Control, di antaranya:

 

- Katup Elektronik (Electronic Valves)


Sesuai namanya, katup ini menggunakan registrasi elektronik dalam pengoperasiannya. Selain sebagai katup periksa (back check valve), aksesori ini juga berguna untuk memastikan distribusi cairan sesuai preset dan penghilang udara bekerja secara optimal. 

 

Sebagai tambahan, karakteristik lainnya dari katup ini adalah katup ini memiliki penurunan tekanan lebih sedikit daripada jenis katup seri E.

 

- Katup Preset Mekanik (Mechanical Preset Valves)


Katup ini umumnya terdapat pada peralatan seri V Liquid Control. Adanya preset mekanik pada Jenis katup ini membuatnya mampu mematikan aliran apabila jumlah produk yang Anda inginkan telah memenuhi target transfer.

 

- Katup Diferensial (Differential Valves)


Katup yang bentuknya mirip corong ini umumnya bekerja berpasangan dengan eliminator udara/uap. Keduanya memiliki fungsi utama sebagai penghilang uap dan udara pada materi fluida.

 

Selain itu, di dalam katup ini terdapat sistem pegas yang membuat katup tersebut terus tertutup hingga material fluida bersih dari uap atau udara. Di samping itu, katup yang dapat memberikan tekanan hingga 15 PSI ini umumnya terbuat dari alumunium, besi ulet, atau baja tuang.  

 

- Katup Pemeriksa Saluran (Check Valves)


Jenis katup ini terbagi menjadi 2, yakni katup pemeriksa saluran masuk (inlet check valves) dan katup pemeriksa saluran keluar (outlet check valves). 

Lebih jauh lagi, inlet check valves bertugas menjaga tekanan pada sistem internal. Sedangkan, outlet check valves bertugas memberikan tekanan balik sehingga efisiensi penghilang udara/uap menjadi lebih efisien.

 

- Katup Electro-pneumatic (EP Series Valves)


Seperti katup elektronik, katup ini juga menerapkan registrasi elektronik untuk memastikan proses distribusi fluida sesuai dengan preset. Selain itu, katup ini dapat terintegrasi dengan flow meter LC kelas 1 seperti M25, M30, M40, dan sebagainya.

 

2. Penghilang Udara & Uap (Air & Vapor Eliminators)
distributor liquid 

Liquid Controls

Description: alat eliminator udara dan uap pada sistem flow meter Liquid Controls

 

Sesuai namanya, aksesori ini berfungsi sebagai penghilang udara dan uang pada material fluida. Seperti aksesori lainnya, Liquid Control air eliminator tersedia dalam berbagai tipe. 

 

Berikut ini beberapa tipe penghilang udara/uap dari brand Liquid Controls:

 

- penghilang udara optik
- penghilang udara/uap standar
- penghilang udara pabrik masal
- penghilang udara baja


3. Saringan (Strainers)
liquid control air eliminator 

Liquid Controls

Description: alat penyaring pada flow meter Liquid Controls 

 

Aksesori pada sistem peralatan Liquid Controls selanjutnya adalah saringan atau strainer. Fungsi utamanya adalah sebagai penyaring cairan fluida dari berbagai partikel kontaminan. 

 

Berikut penjelasan dari masing-masing penyaring yang ada.

 

- Saringan Baja


Sesuai namanya, saringan ini memiliki desain dan fungsi khusus untuk meter dengan penutup berbahan baja. Contohnya pada meter seri MSAA dan MSA.

 

- Saringan Berkapasitas Tinggi


Jenis saringan ini mengoptimalkan kinerja eliminator udara/uap. Sementara itu, jenis penyaring ini terdapat pada flow meter berukuran 2-3 inci seperti M7 dan M25.

 

- Saringan F30


Alat penyaring F30 merupakan penyaring khusus yang terdapat pada flow meter 4 inci, yakni M30. 

 

- Saringan F15/FA15


Model saringan ini juga bekerja optimal pada flow meter berukuran 3 inci, seperti M15 dan MA15.

 

- Saringan F/FA7


Jenis saringan yang terakhir, F/FA7, merupakan alat penyaring cairan fluida yang dapat berfungsi secara optimal pada Liquid Control flow meter berukuran 2 inci, seperti M7 dan MA7.

 

4. Aksesori Umum Lainnya
flow meter lc 

Liquid Controls

Description: pulse output device pada sistem flow meter Liquid Controls

 

Ada beberapa aksesori lainnya yang juga umumnya ditambahkan pada sistem peralatan Liquid Controls. 

Berikut beberapa di antaranya:

 

- Printer elektronik
- Sensor tekanan diferensial
- Layar LED XL
- Perangkat output pulsa (pulse output device)
- Kit ETVC, yakni alat untuk memantau perubahan suhu pada sistem
- Ekstensi penghitung
- Penyambung ujung peralatan seperti elbows dan fitting


Berbagai aksesori Liquid Controls di atas dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama apabila Anda membeli produk aslinya melalui supplier atau distributor Liquid Controls yang resmi dan berpengalaman.

 

Nah, Anda juga bisa mendapatkan informasi Liquid Controls system accessories atau produk lainnya melalui situs liquidcontrolsflowmeterindonesia.com. Situs ini berada di bawah naungan PT. Badja Abadi Sentosa selaku distributor resmi produk Liquid Controls di Indonesia.