Home / Liquid Control Flow Meter / Kalibrasi Flow Meter LC: Pengertian & Prosedurnya

article Kalibrasi Flow Meter LC: Pengertian & Prosedurnya cover image

Kalibrasi Flow Meter LC: Pengertian & Prosedurnya

Kalibrasi flow meter apapun mereknya, termasuk kalibrasi flow meter LC adalah hal yang krusial dalam memastikan ketepatan serta kehandalan pengukuran aliran pada banyak industri. 

 

Baca Juga : Jasa Perakitan Flow Meter LC Profesional, Bergaransi!

 

Bagi berbagai bisnis, flow meter merupakan perangkat vital yang membantu mengontrol serta memaksimalkan aktivitas produksi. Tapi, lambat laun karena pengaplikasian rutin, hasil pembacaan flow meter bisa jadi kurang tepat lagi. Akibatnya efisiensi serta kualitas hasil jadi terpengaruh maka dari itu harus menggunakan jasa perakitan flow meter LC

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter M-40

 

Inilah mengapa kalibrasi teratur paling disarankan. Artikel ini bakal mengulas dengan detail terkait definisi kalibrasi flow meter serta step by step aktivitas kalibrasi contohnya seperti produk Liquid Controls Flow Meter M-30

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter M-60

 

Di sini akan terjawab juga mengapa flow meter yang akurat berhubungan dengan integritas pada aktivitas bisnis Anda, sekaligus upaya untuk patuh kepada standar industri yang sudah ditetapkan.

 

Definisi Kalibrasi Flow Meter LC

cara kalibrasi flow meter
 

Kalibrasi flow meter ialah aktivitas mengukur serta menyesuaikan ketepatan pengukur laju aliran demi memastikan hasil pengukuran relevan dengan standar maupun referensi yang sudah ditetapkan. 

 

Ini nantinya berkaitan dengan pengetesan flow meter dengan memanfaatkan standar kalibrasi yang telah diketahui serta mengoreksi ketidaksinkronan yang ditemukan demi memenuhi nilai sesuai keinginan. 

 

Kalibrasi singkatnya adalah aspek penting dalam berbagai industri yang memerlukan pengukuran cairan dengan akurasi tinggi dengan persentase kesalahan yang sangat minim. Ini misalnya pada industri migas, manufaktur, pertanian, dan sebagainya.

 

Cara Kalibrasi Flow meter LC
 

jasa kalibrasi flow meter

Ada beragam prosedur yang berhubungan dengan cara menyetel flow meter, tetapi kali ini kita bakal mengulas metode yang paling umum jadi pilihan, yakni kalibrasi menggunakan Master Meter.

 

Kalibrasi flow meter memakai metode master meter merupakan teknik memeriksa ketepatan pengukuran flow meter menggunakan perbandingan flow meter referensi yang telah dikalibrasi sebelumnya sesuai standar (master meter). 

 

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan kalibrasi dengan prosedur master meter:

 

Penyetelan Perangkat


- Susun master meter juga flow meter yang hendak Anda uji dalam rangkaian seri. Pastikan laju aliran yang Anda pakai dalam pengujian terkendali serta melewati kedua perangkat secara bersamaan.
- Selanjutnya Anda juga perlu memvariasikan laju aliran pada berbagai nilai demi menilai linearitas serta performa flow meter yang ingin Anda kalibrasi.

Proses Membandingkan


- Bandingkan data pembacaan flow meter dengan hasil yang Anda dapatkan dari master meter pasca pengujian.
- Buat dokumentasi hasil pembacaan demi memudahkan Anda menganalisis  deviasi (perbedaan) antara pengukuran flow meter serta master meter. 
- Buat kurva atau tabel kalibrasi berdasarkan data dokumentasi di atas. 
- Terapkan faktor koreksi dari kurva atau tabel untuk menyelaraskan pengukuran flow meter dengan pengukuran master meter.


Alasan Kalibrasi Flow Meter LC itu Wajib Anda Lakukan
 

cara menyetel flow meter

Agar operasional harian berlangsung lancar dan target perusahaan tercapai, kalibrasi perangkat adalah rutinitas yang tak boleh terlewatkan. Ini dia alasannya: 

 

1. Kalibrasi menjamin flow meter menghasilkan nilai pengukuran yang benar karena meteran yang tak berfungsi optimal berpotensi memicu kekeliruan dalam operasional produksi serta pengendalian kualitas.
2. Pemerintah sudah menetapkan standar serta regulasi ketat yang mengharuskan penggunaan peralatan pengukuran yang sesuai standar pada tiap industri. Memastikan flow meter terkalibrasi rutin membantu perusahaan mematuhi peraturan ini demi menghindari potensi kena denda atau penutupan operasi.
3. Flow meter yang dapat beroperasi sesuai fungsinya mendukung optimalisasi operasional harian, mengurangi pemborosan, serta meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.
4. Dalam beberapa pengaplikasian, terutama yang melibatkan bahan berbahaya atau proses kritis, akurasi flow meter sangat penting demi  keselamatan kerja, termasuk operasional industri.
5. Kalibrasi rutin dapat membantu mendeteksi masalah atau kerusakan pada flow meter lebih awal. Dengan mengetahui adanya deviasi dari nilai harapan, teknisi dapat melakukan perbaikan atau penggantian untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar.
Lalu, seberapa sering kalibrasi flow meter perlu Anda lakukan? Jika memilih flow meter LC, penyesuaian perangkat hingga mencapai standarisasi hanya perlu Anda lakukan setahun sekali. Ini biasanya bersamaan dengan sekaligus service unit. 

 

Pastikan proses penting ini hanya ditangani oleh ahlinya agar hasilnya memuaskan sesuai harapan. Kami, sebagai dealer resmi produk flow meter Liquid Controls juga menyediakan layanan jasa kalibrasi flow meter tepercaya. 

 

Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait layanan kalibrasi flow meter LC ini silahkan hubungi staf customer service kami via live chat. Semoga menginspirasi!