Home / Liquid Control Flow Meter / Flow Meter Liquid Control: Pengertian dan Fungsinya

article Flow Meter Liquid Control: Pengertian dan Fungsinya cover image

Flow Meter Liquid Control: Pengertian dan Fungsinya

Flow Meter Liquid Control

Cara Kerja Flow meter liquid control adalah alat yang berfungsi untuk mengukur jumlah air, gas, dan material lainnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika alat ini menjadi salah satu komponen yang banyak digunakan di rumah, perkantoran, hingga kawasan industri.

 

Baca Juga :  Distributor Resmi Jual Flow Meter LC yang Asli & Berkualitas

 

Flow meter ini memiliki presisi yang akurat dan dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis cairan. Bahkan hasilnya dapat dibaca secara langsung. Menarik bukan? Anda tertarik menggunakan alat ini? Sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan fungsinya dengan baik. 

 

Apa Itu Flow Meter Liquid Control?

 

Flow meter liquid adalah alat yang digunakan untuk mengetahui jumlah suatu aliran material, baik berbentuk cair, gas, maupun bubuk. Aspek yang diukur dengan menggunakan alat ini adalah flow rate (kecepatan aliran), dan volume atau total massa material yang diukur berdasarkan periode tertentu. 

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter MA-15

 

Yang menarik dari alat ini adalah dilengkapi dengan desain unik dan eksklusif yang membuatnya mampu menghasilkan akurasi 0,2 - 0,3% error dan 0,05% pengulangan akurasi. Desainnya memanfaatkan kapiler cair tipis yang terletak di antara counter dan stasioner yang berfungsi sebagai penyegelan hidrolik.

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls System Accesories Pulse Output Device

 

Desain yang dimiliki liquid controls flow meter series ini, dapat meminimalisir terjadinya keausan pada  alat. Biaya operasi yang dibutuhkan pun bisa menjadi sangat terjangkau sehingga dapat membuat Anda menekan biaya yang dibutuhkan lebih optimal. Flow meter liquid control akan banyak Anda temui pada penggunaan:

 

- Regulator gas.
- Speedometer.
- Pengukur PDAM.
- Pressure gauge pada pompa manual. 
- Solar.
- Truk metering system (bahan bakar yang dimurnikan, bahan bakar penerbangan, bahan bakar alternatif, minyak pelumas, bahan kimia pertanian).
- Bulk plant (produk minyak bumi mentah, minyak bumi dan LPG, bahan bakar alternatif, bahan kimia, bahan bakar, aspal panas).
- Industri (pemanis cair, cat dan pelapis, pulp dan kertas, farmasi, tinta cetak, campuran beton dan cairan industri lainnya.


Keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh flow meter cukup beragam, yaitu:

 

- Tingkat akurasi tinggi.
- Pemeliharaan alat yang rendah.
- Tidak terdapat kontak langsung dengan benda logam.
- Hilangnya tekanan rendah.
- Dapat dioperasikan tanpa menggunakan daya listrik.
- Proses mengontrol cairan sangat akurat.
- Kinerja yang efisien.   
- Tersedia mechanical seal atau perangkat output pulsa glandless magnetic driven. 


Fungsi Flow Meter Liquid Control


Flow meter dilengkapi dengan berbagai fungsi yang menarik dan dapat menguntungkan Anda dalam penggunaannya di bidang industri hingga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi dari alat ini adalah: 

Liquid controls flow meter

1. Mengukur Aliran Material


Fungsi utama dari penggunaan flow meter ini adalah mengukur aliran material. Jenis material yang dapat diukur dengan menggunakan flow meter adalah mulai dari air, gas, solar, bensin, dan jenis material lainnya.   

 

2. Mengukur Aliran Listrik


Tidak hanya aliran material cair, gas, atau bubuk saja, tetapi flow meter juga dapat digunakan untuk mengukur aliran listrik. Dengan menggunakan alat ini, memungkinkan Anda mengontrol aliran dari barang elektronik. Sehingga kebutuhan akan elektronik Anda menjadi lebih efisien. 

 

3. Membantu Menentukan Tingkat Efisien Produksi 


Jika menggunakan flow meter, Anda dapat mengukur berapa besaran material yang akan digunakan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur ukuran besar kecilnya setiap komponen yang digunakan. Sehingga kebutuhan produksi perusahaan dapat menjadi lebih efisien.

 

4. Flow Meter Liquid Control Lebih Hemat Biaya Produksi


Fungsi ini berkaitan dengan tingkat efisien produksi pada poin sebelumnya. Dengan alat ini, dapat memanfaatkan indikator pengukuran material untuk menentukan jumlah material yang keluar dalam proses produksi. Sehingga biaya produksi dapat ditekan lebih hemat. 

 

5. Meminimalisir Terjadinya Kerusakan Mesin


Alat produksi seperti cooling system, pompa air, compressor, pipa, dan alat lainnya yang berhubungan dengan aliran material, memiliki potensi kerusakan mesin yang cukup besar. Namun, jika menggunakan flow meter dapat diketahui potensi kerusakan mesin berdasarkan aspek tertentu.

 

6. Memudahkan dalam Pemantauan Pengolahan Limbah


Limbah hasil produksi jika tidak diolah dengan baik dapat mengganggu dan merusak lingkungan. Bahkan jika tidak diolah dengan baik, juga dapat membuat membengkaknya biaya pengolahan limbah yang berasal dari proses produksi yang dibutuhkan. 

 

Melalui alat ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam penggunaan bahan kimia atau bahan lainnya selama proses produksi berlangsung. Hal ini akan berdampak pada menurunnya biaya pengolahan limbah  menjadi lebih efisien dan terkontrol.  

 

7. Membantu Menentukan Besaran Heat Energy


Rumah atau perkantoran yang menggunakan AC, pemanas, atau chiller, flow meter memiliki peranan penting di dalamnya. Alat ini dapat membantu Anda untuk mengetahui besaran heat energy. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa temperatur ruangan. 

 

Itulah informasi seputar flow meter liquid control. Mulai dari pengertian dan fungsinya. Flow meter adalah alat pengukur aliran material, baik dalam bentuk cair, gas, dan bubuk. Tidak hanya itu saja, bahkan juga berfungsi untuk mengukur aliran listrik hingga membantu menentukan besaran heat energy.

 

Anda tertarik untuk menggunakan flow meter ini? Membelinya di tempat kami Liquid Control Flow Meter Indonesia adalah pilihan yang tepat. Kami menyediakan produk liquid control flow meter manual dengan berbagai tipe, misalnya liquid control flow meter m7-1. 

 

Kualitas produk yang kami tawarkan adalah berkualitas tinggi dan terbaik. Terkait harga produk yang kami tawarkan sangat terjangkau sehingga ramah di kantong Anda. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait pemesanan produk.