Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Strainers: Review of Tools and Their Uses

article Strainers: Review of Tools and Their Uses cover image

Strainers: Review of Tools and Their Uses

Sistem filtrasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses industri. Dalam setiap sistem filtrasi, terdapat sejumlah bagian yang bergerak. Dimana semuanya harus bekerja sama untuk memastikan sistem beroperasi secara efisien. Dua bagian yang saling berkaitan satu sama lain yaitu pompa dan strainer. Strainer dalam bahasa Indonesia dapat juga disebut saringan.

 


Fungsi utama dari strainer ini adalah untuk menyaring kontaminan padat dari cairan hidrolik. Kontaminan jika dibiarkan tanpa adanya filter, maka sangat beresiko untuk merusak komponen pompa. Ketika pompa sudah rusak tentu menyebabkan efisiensi sistem yang lebih rendah dan umur yang lebih pendek.

 

 

Jenis Strainer yang Ada di Pasaran

 


Terdapat dua jenis strainer yang ada di pasaran, yaitu pump suction strainer dan inline filters. Saringan pump suction adalah saringan mesh kasar yang digunakan untuk mengumpulkan partikel besar agar tidak masuk ke pompa. Biasanya saringan ini dipasang di saluran hisap pompa. 

 


Sedangkan untuk filter inline atau biasa disebut filter saluran balik biasanya dipasang di saluran pengembalian cairan. Filter inline memungkinkan penyaringan partikel yang lebih halus daripada pump suction strainer dan menghasilkan sistem penyaringan yang sangat efisien. Kedua jenis saringan ini tidak dapat dipasang secara bersamaan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kegagalan pompa akibat tekanan diferensial yang tinggi.

 

 

Memilih Jenis Saringan yang Tepat

 


Pemilihan jenis saringan sangat perlu untuk dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa alat saringan memiliki peran penting dalam sistem pompa. Pemilihan strainer yang salah pada sistem juga dapat merusak pompa. Saat memilih saringan, penting terlebih dahulu berkonsultasi dengan manufaktur terkait. Anda juga perlu memastikan bahwa anda telah memilih filter berukuran tepat dan memenuhi persyaratan tekanan dan aliran sistem.

 


Selain itu, pada proses instalasinya pun perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan dimana posisi dari saringan akan ditempatkan. Pada akhirnya, posisi saringan anda akan bergantung pada jenis sistem yang anda miliki dan seberapa halus penyaringan yang anda butuhkan.

 

 

Bagi anda yang sedang mencari merk strainer terbaik dan berkualitas tinggi, saringan Liquid Control bisa menjadi opsi ideal. Liquid control menjual berbagai tipe saringan di berbagai ukuran mulai dari 2 inci hingga 4 inci. Beberapa tipe yang ada diantaranya

 


-FS dan FSA Series Steel Strainers


-2” F7/FA7 series


-3” F15/FA15 series


-High capacity series 


-4” F30 series


Untuk spesifikasi dan info lebih lengkapnya, anda dapat mengunjungi langsung website kami di https://liquidcontrolsflowmeterindonesia.com/. Selain melihat produk yang ada, anda juga bisa berkonsultasi via online dengan kami untuk menentukan jenis saringan mana yang sesuai. Sehingga anda bisa mendapatkan produk aksesoris strainer terbaik, bergaransi dengan harga terjangkau.