Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Air Eliminator: Flow Meter Performance Support Accessories

article Air Eliminator: Flow Meter Performance Support Accessories cover image

Air Eliminator: Flow Meter Performance Support Accessories

Air eliminator adalah salah satu aksesoris pendukung dalam pekerjaan pengukuran aliran. Eliminator udara adalah segmen pipa yang melekat pada bagian utama pipa yang bertujuan untuk menjebak dan melepaskan udara. Dalam sistem dimana aliran cairan diukur dengan flow meter, eliminator biasanya dipasang di bagian depan flow meter dan saluran utama.

 


Fungsi utama dari eliminator udara adalah untuk mencegah udara agar tidak melewati meteran (flow meter). Hal ini berlaku demikian, karena udara yang masuk ke flow meter dapat menyebabkan pembacaan volume cairan menjadi tidak akurat. Alat ini hampir digunakan di semua sistem perpipaan industri yang melibatkan penggunaan flow meter.

 


Flow meter sendiri pada dasarnya tidak bisa membedakan antara cairan dan udara. Kehadiran eliminator yang dipasang di depan meteran dapat membantu permasalahan tersebut, sehingga udara tidak akan diukur. Dengan cara ini, tentu pembacaan volumetrik meter akan lebih akurat. Selain itu, dengan mencegah udara masuk, bisa mengurangi keausan dan kerusakan unit flow meter.

 


Berdasarkan bahan pembuatnya, sebuah eliminator udara biasanya terbuat dari logam seperti alumunium atau baja. Namun ada pula yang terbuat dari polivinilklorida (PVC). Kedua bahan tersebut tentu mempunyai beberapa poin pertimbangan. Air eliminator logam rentan terhadap korosi yang disebabkan oleh air maupun uap. Sementara untuk eliminator berbahan PVC tidak berkarat, namun dapat mengeluarkan bahan kimia berbahaya ke dalam cairan yang lewat.

 


Air eliminator harus diuji pada saat pemasangan dan dirawat secara teratur. Biasanya teknisi merekomendasikan untuk memeriksa ventilasi udara pada perangkat ini setidaknya dua kali dalam setahun. Kemudian untuk penggantian alat ini sangat dianjurkan setelah lima tahun penggunaan.

 


Bagi anda yang sedang mencari eliminator udara terbaik untuk perusahaan anda. Anda dapat mencoba air eliminator dengan merk Liquid Control. Dilansir dalam website resminya, Liquid Control menyediakan empat tipe eliminator. Untuk lebih lengkapnya akan diuraikan sebagai berikut.

 

 

Air Eliminator Merk Liquid Control

 

 

Liquid Control menyediakan beberapa tipe produk eliminator udara. Beberapa diantaranya seperti standard air eliminators, optical eliminator, steel eliminator dan bulk plant eliminator. Berikut untuk spesifikasi ringkas dari masing-masing eliminator tersebut.

 


1. Standard eliminator


Standard eliminator menggunakan pelampung untuk mendeteksi udara dan akan menutup aliran pada saat udara/uap dibuang. Menghilangkan udara dan uap dari sistem pengukuran dapat meningkatkan akurasi meteran. Hanya cairan saja yang diperbolehkan untuk melewati pengukur aliran.

 


Pada saat instalasi, eliminator ini disalurkan ke tangki penyimpanan untuk menyediakan jalur dan wadah tempat udara. Setelah udara keluar dari sistem pengukuran, alat ini akan menutup jalur untuk mencegah cairan memasuki tangki penyimpanan. Untuk produk Standard Eliminator LC ini terbuat dari bahan stainless steel dan alumunium.

 


2. Optical eliminator


Eliminator optik menggunakan perubahan indeks bias untuk mendeteksi adanya udara. Tipe eliminator ini lebih responsif dari pada standard eliminator. Eliminator udara optik dirancang untuk bekerja dengan flow meter untuk aplikasi pengukuran produk minyak olahan dan LPG. Berikut untuk poin spesifikasi lengkapnya.

 


-Menyediakan eliminasi uap dan udara yang efisien dengan hampir tidak ada bagian yang bergerak (no moving parts)


-Sensor optik digunakan untuk memantau level cairan


-Tipe alat ini membutuhkan penggunaan katup yang dioperasikan dengan solenoid.


3. Steel eliminator


Steel eliminator cocok digunakan pada jenis flow meter dengan bahan dasar baja. Secara fungsi, tipe ini tetaplah sama dengan beberapa tipe lainnya. Berikut untuk spesifikasi ringkasnya.

 


-Cocok digunakan pada flow meter berbahan baja


-Dapat dipasang dengan strainers tipe steel


-Dapat digunakan pada fluida bertekanan 350 psi


4. Bulk Plant Eliminator


Bulk plant eliminator dioptimalkan pada penggunaan di pabrik massal. Jenis eliminator udara ini tersedia dalam model single head, dual head ataupun sebagai sistem optik. Model single head merupakan model terbaru dari tipe eliminator ini. Model terbaru ini memiliki proses instalasi yang sederhana, mengurangi perawatan dan menghilangkan slug udara yang bermasalah.

 

 

Kesimpulan

 


Air eliminator memiliki peran yang sangat besar dalam proses pengukuran aliran. Tanpa adanya alat ini tentu dapat menghasilkan keluaran hasil yang tidak optimal. Selain itu, udara dalam sistem pengukuran dapat merusak alat flow meter yang ada.