Home / Liquid Control Flow Meter / Sistem Kerja Flow Meter pada Flow Meter

article Sistem Kerja Flow Meter pada Flow Meter cover image

Sistem Kerja Flow Meter pada Flow Meter

Dalam sistem infrastruktur distribusi air, gas, minyak, maupun manufaktur lainnya telah banyak menggunakan flow meter untuk mengukur aliran di dalamnya. Alat pengukur aliran pada flow meter ini memanfaatkan subsistem listrik dan mekanik untuk mengukur perubahan fisik fluida serta aliran di dalamnya. 

 

Sistem Kerja Flow Meter

 

 

1. Positive Displacement Flow Meter


Sistem flow meter ini merupakan flow meter yang mengukur volume aliran secara langsung. Sistem inilah yang digunakan pada Tokico flow meter. Fluida yang diukur akan mengalir dalam sebuah ruang dengan volume sesuai desainnya, kemudian fluida tersebut akan dipindahkan ke ruang lainnya, karena adanya putaran ruangan dari tekanan fluida. Ruang flow meter di sini berfungsi untuk menghitung volume fluida yang mengalir di dalamnya.

 

2. Velocity Flow Meter


Flow meter itu menggunakan teknik untuk mengukur kecepatan dari aliran yang dihitung dengan luasan penampang jalur aliran, sehingga ditemukan flow rate nya. Untuk membaca velocity biasanya perlu digunakan sensor yang dapat menghasilkan sinyal dan diteruskan ke transmitter.

 

3. Inferential Flow Meter

 

Flow Meter ini tidak mengukur volume, kecepatan ataupun massa, tetapi mengukur aliran dengan menyimpulkan nilainya dari parameter lain yang diukur seperti karena perbedaan pressure ataupun posisi luasan area dari sensor.

 

4. Differential Pressure Flow Meter

 

Prinsip operasi Differential Pressure Flowmeters (DP Flowmeters) di dasarkan pada persamaan Bernoulli yang menguraikan hubungan antara tekanan dan kecepatan pada suatu aliran fluida.  Alat ini memandu aliran ke dalam suatu penghalang aliran (yang mempunyai lubang dengan diameter yang berbeda dengan diameter pipa), sehingga menyebabkan perubahan kecepatan aliran (flow velocity) dan tekanan (pressure) antara sisi upstream dan downstream dari penghalang. Dengan mengukur perubahan tekanan tersebut, maka kecepatan aliran dapat dihitung.

 

Baca Juga :  Flow Meter LC Original Berkualitas Bagus dan Tipenya Beragam

 

Berikut beberapa sistem kerja yang berada pada flow meter.

 

Produk displacement flow meter bisa di cek liquidcontrolsflowmeterindonesia