Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Get to know 3 important aspects in designing a flow meter system

article Get to know 3 important aspects in designing a flow meter system cover image

Get to know 3 important aspects in designing a flow meter system

perancangan sistem flow meter

Canva

deskripsi: sistem flow meter dalam suatu industri minyak dan gas

 

Sistem flow meter memiliki tujuan utama sebagai media pengukuran suatu material fluida dalam suatu industri sehingga dapat memberikan manfaat terbaik di penggunannya. 

 

Karena itu, dalam perancangan sistem flow meter ada banyak hal penting yang harus diperhatikan, baik teknisi maupun operator alat. Berikut informasi selengkapnya mengenai perancangan pada sistem flow meter. 

 

Apa yang Dimaksud Perancangan Sistem Flow Meter?
 
pemasangan flow meter 

Freepik

deskripsi: sistem flow meter lama yang membutuhkan perancangan baru

 

Pada dasarnya, perancangan sistem peralatan flow meter merupakan proses merancang sistem flow meter dengan teknik dan prosedur tertentu sehingga sistem meter dapat beroperasi sesuai dengan tujuan yang pengguna ingin capai. 

 

Sementara itu, teknisi maupun operator yang mengoperasikan sistem flow meter untuk sebuah industri juga perlu mengetahui dengan baik prinsip kerja flow meter, pompa transfer, serta komponen-komponennya. Contohnya seperti memahami meter, katup, air eliminator, layar LCD hasil pengukuran, serta aksesori lainnya.

 

Di samping itu, teknisi yang membuat rancangan sistem meter juga perlu memiliki pemahaman yang baik terhadap prosedur-prosedur yang berkaitan, mulai dari pemasangan flow meter, pengoperasian, hingga pemeliharaannya. Sehingga, dalam penggunaannya alat tidak hanya akurat melakukan pengukuran laju aliran, melainkan juga aman bagi pekerja. 

 

Aspek Penting dalam Merancang Sistem Flow Meter

 

Dalam merancang sistem flow meter, ketiga aspek yang harus diperhatikan adalah komponen, prosedur keamanan, dan pemeliharaan sistemnya. 

 

Komponen Sistem Flow Meter LC 
 
sistem monitoring 

Freepik

deskripsi: komponen sistem perpipaan di atas material kayu

 

Komponen pada sistem pengukuran dengan flow meter saat ini telah menggunakan desain dan teknologi terkini sehingga dapat memberikan hasil perhitungan yang mudah dan akurat. Berikut pembagian komponen yang terdapat pada sistem meter suatu material fluida.

 

1. Perangkat Utama (Primary Device)

 

Perangkat dalam kategori ini merupakan perangkat yang memiliki kontak langsung dengan material fluida dan biasanya terhubung ke pipa. Contohnya turbin meter, strainer, dan sebagainya.  

 

2. Perangkat Sekunder (Secondary Device)

Perangkat yang termasuk dalam kategori perangkat sekunder dalam sistem flow meter adalah perangkat-perangkat yang menyediakan data seperti tekanan statis aliran, tekanan diferensial, serta variabel lain yang nantinya mendukung input data ke perangkat tersier sebagai perangkat sistem monitoring.

 

3. Perangkat Tersier (Tertiary Device)

Perangkat yang termasuk ke dalam kategori ini berupa komputer elektronik atau lainnya. Pada intinya, perangkat tersier ini menerima informasi dari dua perangkat sebelumnya dan kemudian menghitung serta mencatat aliran dalam batas tertentu.  

 

Prosedur Keamanan dalam Sistem Flow Meter LC
 pemasangan flow meter pada pipa
 

Freepik

deskripsi: sistem perpipaan pada sebuah gedung industri

 

Berikut ini beberapa prosedur yang perlu diperhatikan, baik oleh teknisi ahli maupun operator sistem flow meter:

 

Memastikan bahwa Anda telah mengikuti prosedur keamanan baik itu dalam hal instalasi maupun pengoperasian alat.
Memastikan bahwa Anda menggunakan bantuan teknisi ahli dan berpengalaman untuk melakukan pekerjaan perancangan komponen sistem meter hingga pemeliharaan.
Menerapkan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko bahaya yang mengancam keselamatan. Contohnya menyiapkan alat pemadam kebakaran, mengontrol suhu dalam ruang, dsb.
Melakukan proses perancangan meter sesuai dengan aturan yang tertulis dalam buku manual produk. Contohnya memastikan sistem perpipaan bersih dari serpihan atau partikel kontaminan sebelum pemasangan flow meter pada pipa.  
Memastikan meter aman sebelum mulai pengoperasian. Contohnya adalah memastikan semua katup tertutup, sambungan pada tiap komponen kencang, dan sebagainya.
Jadi, pada intinya semua prosedur keamanan yang terdapat dalam buku panduan saat membeli produk flow meter harus Anda perhatikan. Jika tidak, hal itu bisa menyebabkan cedera berat hingga kematian. 

 

Pemeliharaan Sistem Flow Meter
 prinsip kerja flow meter
 

Freepik

deskripsi: tuas kontrol warna merah pada pipa

 

Seperti pada saat instalasi, pemeliharaan sistem flow meter juga sebaiknya dilakukan oleh teknisi ahli. Hal ini agar alat mendapat pemeliharaan yang optimal sehingga dapat tetap memberikan hasil pengukuran terbaik.

 

 Dalam proses pemeliharaan juga terdapat beberapa hal penting, antara lain:

 

1. Memastikan tidak ada tekanan pada pipa pada saat proses pemeliharaan alat meter. 
2. Membilas isi atau rongga-rongga pipa apabila sistem meter Anda gunakan musiman atau hanya pada waktu tertentu. Pembersihan saluran pipa bisa menggunakan cairan tertentu.
3. Tidak menggores, mencungkil, atau merusak permukaan pada alat.
4. Memastikan sekrup dan semua segel pada alat kencang pada saat pemasangan kembali.
Sementara itu, Anda tidak harus menunggu lama apabila sistem meter mengalami gangguan dalam pengukurannya. Segera hubungi teknisi ahli apabila terjadi kebocoran cairan, aliran lambat, angka dalam penghitungan tidak sesuai, dan sebagainya. 

 

Jadi, banyak aspek penting yang sebenarnya harus diperhatikan dalam perancangan sistem flow meter. Klik tautan berikut untuk informasi menarik lainnya seputar flow meter, liquidcontrolsflowmeterindonesia.com.