Home / Liquid Control Flow Meter / Instalasi Liquid Controls Flow Meter MSA-30 dan Perawatannya

article Instalasi Liquid Controls Flow Meter MSA-30 dan Perawatannya cover image

Instalasi Liquid Controls Flow Meter MSA-30 dan Perawatannya

Liquid Controls Flow Meter MSA-30

Sumber : liquid control MSA-30

 

Mengetahui proses instalasi Liquid Controls Flow Meter MSA-30 menjadi hal terpenting ketika memutuskan beli flow meter. Memilih flow meter harus menyesuaikan jenis likuid. Terdapat beberapa bahan fluida yang cocok memakai flow meter berbahan PVC atau logam.

 

Baca Juga : Tertarik dengan Liquid Controls Flow Meter MA-5? Cek Detailnya

 

Selain itu, bahan flow meter ada alumunium, stainless steel, kuningan dan besi sesuai kebutuhan. Desainnya yang sederhana membuat konsumen lebih mempertimbangkan Liquid Control Flow Meter sebagai pilihan dalam mengakomodasi liquida berupa gas ke seluruh dunia.

 

Spesifikasi dan Ketentuan Instalasi Liquid Control Flow Meter  
 

Liquid Control

Sumber : Unsplash

 

Sebelum mengetahui ketentuan instalasinya, lebih baik memahami spesifikasi MSA-30. Fungsi Flow Meter MSA-30 sebagai transferan LPG berarus tinggi seperti Propana, Butana, Isobutana, Pentana, Etana dan Refrigeran. Berikut ini spesifikasi LC Flow Meter MSA-30:

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter MSA-30

 

Peringkat 350 GPM (1325 LPM), 300 psi (20.7 bar, 2068 kPa)
Pinggiran rodanya 3 inci
Konstruksi meterannya berupa alumunium dengan pembungkus baja
Pelindungnya Buna
Tekanan masimal Flow Meter MSA-30 adalah 350 psi
Ketahanan temperatur mencapai -40° hingga 185° F
Bahan bantalan MSA-30 berupa karbon dengan Meter Class 10. Dengan spesifikasi unggulannya, MSA-30 mampu menjadi alat pengukur paling akurat di kelasnya. Memakai alat pengukur Liquid Control terbukti aman karena tidak ada kontak antar logam.

 

Lihat Produk Kami : Liquid Controls Flow Meter MSA-75

 

Jadi memungkinkan memiliki masa pemakaian lebih lama, keakuratan retensi maksimal, serta proses pengecekan alatnya lebih jarang. Setelah memahami spesifikasi MSA-30, saatnya memperhatikan ketentuan instalasi LC meter MSA-30 berikut ini:

 

Ventilasi harus memiliki sistem yang baik, ada pencegah kebakaran, serta memiliki pengendalian suhu sebelum melakukan proses instalasi LC meter.


Baca lebih dulu buku manual yang disediakan oleh produsen.


Sebelum dipasang, buat sistem keamanan supaya meminimalisir dampak buruk saat pemasangan maupun pemakaian LC MSA-30.


Pastikan sistem LPG sudah tertutup rapat.
Pastikan tutup ulir pelindung sebelum melakukan transfer liquid. Tempatkan di semua bukaan meteran dan aksesoris sampai pipa siap dipasang.


Bersihkan dan bilas seluruh pipa memakai cairan pembersih yang sesuai.lakukan langkah ini sebelum memasang meterannya. Jadi pastikan seluruh sistem pipa selalu bersih agar tidak ada sumbatan.


Pastikan baut di meteran terpasang kencang dan jangan pernah meletakkan meteran di pipa penghubung.
Pastikan memakai cairan pembersih sesuai jenis bahan pipa agar pipa bisa tahan lama.


Perawatan Turbin Liquid Control Flow Meter MSA-30
 

Liquid Control Flow Meter

Sumber : Unsplash

 

Salah satu bagian terpenting dari Flow Meter Liquid Control ada di bagian turbinnya. Turbin berfungsi sebagai alat penahan laju aliran di flow meter. Dengan demikian, LC meter dapat meminimalkan atau memaksimalkan tekanan arus liquid.

 

Biasanya sektor industri memakai flow meter turbin untuk mengolah minyak, gas, atau limbah. Bahan turbin bisa berupa karbon baja atau stainless, PVC, PP, Teflon, atau sejenisnya. Pemakaian yang sering bisa membuat cairan kotor di baling-balingnya. Bagaimana cara perawatan LC meter?

 

Gunakan cairan pembersih sesuai bahan flow meter.
Lakukan pembersihan rutin agar alat flow meter tetap terawat.
Selain pembersihan pastikan melakukan maintenance alat secara rutin.


Bila hendak mematikan alatnya, pastikan sudah sesuai prosedur manual yang disediakan produsen.
Sediakan tenaga ahli di bidang teknik mesin supaya Flow Meter LC ditangani oleh orang yang tepat.


Tidak hanya bagian turbin, pastikan bagian lain juga dibersihkan. Bagian turbin memang krusial, namun jika bagian lain terlupakan maka kotoran akan menyumbat daerah tertentu dan merusak alat pengukur cairan ini.


Dengan adanya alat pengukur flow meter akan sangat membantu proses produksi. Terutama menghindarkan perusahaan dari biaya kerugian akibat arus liquid yang tidak terpantau. Sebab flow meter ini hadir dengan sistem sensor sebagai pengukur arus likuid akurat.

 

Rangkaian desain flow meter kompatibel bersama tipe cairan. Perlunya antisipasi bila terjadi kebocoran akibat seal yang rusak, yaitu tidak sembarangan melakukan pembersihan. Ketersediaan aksesoris flow meter mampu membantu menjaga keawetan alat.

 

Pada pemakaian normal, flow meter mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya. Anda bisa mempercayakan pembelian Liquid Controls Flow Meter MSA-30 dari PT. Badja Abadi Sentosa.

 

Untuk pembelian tersedia garansi pembelian serta proses instalasi oleh tenaga ahli di bidangnya. Tidak perlu ragu karena kami adalah Distributor Liquid Controls Tunggal & Resmi  di Indonesia.