Home / Distributor Liquid Control Flow Meter | PT. Badja Abadi Sentosa / Advantages of Air Eliminator Accessory Fluid Control Systems

article Advantages of Air Eliminator Accessory Fluid Control Systems cover image

Advantages of Air Eliminator Accessory Fluid Control Systems

Liquid Controls System Accessories Air Eliminator

Liquid Controls system accessories air eliminator merupakan salah satu aksesoris merk Liquid Controls yang mendukung pekerjaan pengukuran aliran. Sedangkan air eliminator atau eliminator udara menggunakan sistem di mana aliran cairannya diukur memakai flow meter. 

 

Air eliminator pemasangannya berada di bagian depan flow meter serta saluran utama. Agar anda semakin tahu bagaimana fungsi hingga tipe-tipenya, bisa simak dalam pembahasan di bawah ini! 

 

Fungsi Liquid Controls System Accessories Air Eliminator

 

Liquid controls (LC) merupakan salah satu merk atau brand yang terkenal di dunia dan bisa menghasilkan flow meter Positive Displacement dengan presisi yang akurat dan bisa dibaca langsung. Alat ini dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang fluida atau cairan. 

 

Liquid controls didesain dengan eksklusif memanfaatkan kapiler jenis cair tipis antara stasioner dan counter untuk penyegelan hidrolik. Desain yang unik menghasilkan keausan minimal, akurasi berkelanjutan, serta biaya operasi rendah. 

 

Desain liquid controls mempunyai daya tahan rendah terhadap kemampuan dan aliran agar bisa beroperasi terhadap tekanan pompa dengan getaran yang tinggi. Sedangkan air eliminator dalam liquid controls berfungsi untuk mencegah udara supaya tidak melewati meteran atau flow meter. 

 

Kenapa demikian? Alasannya, udara yang masuk ke dalam LC flow meter bisa mengakibatkan pembacaan volume cairan tidak akurat. Alat ini banyak digunakan hampir pada semua sistem perpipaan industri dengan menggunakan flow meter. 

 

Pada dasarnya flow meter tidak bisa membedakan udara dan cairan. Untuk itulah adanya eliminator yang dipasang di depan sistem flow meter dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. 

 

Dengan demikian, cara ini bisa membuat pembacaan volumetrik meter bisa semakin akurat. Bukan hanya itu, dengan mencegah udara masuk, dapat mengurangi keausan serta kerusakan pada unit flow meter. 

 

Bahan Pembuatan Liquid Controls System Accessories Air Eliminator 
 
 Sistem flow meter

Air eliminator bahan pembuatannya dari logam, yaitu baja dan alumunium. Namun eliminator udara ada yang terbuat dari polivinilklorida (PVC). Bahan-bahan tersebut mempunyai beberapa poin pertimbangan. 

 

Eliminator udara yang terbuat dari logam rentan dengan korosi yang diakibatkan oleh uap maupun air. Sedangkan, untuk eliminator menggunakan PVC tidak mudah berkarat, tetapi bahan ini bisa mengeluarkan bahan kimia yang berbahaya dalam cairan yang lewat. 

 

Eliminator udara perlu diuji sebelum pemasangan dan harus dirawat dengan teratur. Umumnya teknisi akan merekomendasikan pemeriksaan ventilasi udara kepada perangkat ini sebanyak dua kali setahun. Selanjutnya teknisi akan menyarankan penggantian alat ini setelah digunakan lima tahun. 

 

Tipe LC System Accessories Air Eliminator


 

Anda ingin menemukan eliminator udara yang berkualitas dan terbaik supaya industri semakin produktif? Tenang, di Liquid Controls Flow Meter Indonesia ada berbagai jenis air eliminator yang bisa Anda pilih. 

 

Liquid controls sendiri menawarkan empat tipe produk eliminator udara. Adapun inilah tipe yang perlu diketahui dengan spesifikasi hingga kelebihan masing-masing, yaitu: 

 

1. Standard Eliminator 

 

Standard eliminator memakai pelampung agar bisa mendeteksi udara, menutup aliran ketika uap atau udara dibuang. Menghilangkan uap dan udara dari sistem pengukuran sehingga bisa meningkatkan akurasi pada meteran. 

 

Perlu diperhatikan, hanya cairan saja yang boleh lewat pengukuran aliran ini. Pada proses instalasi, eliminator disalurkan menuju tangki penyimpanan untuk menghasilkan jalur serta wadah tempat udara yang baik. Produk standard eliminator LC menggunakan bahan stainless steel dan aluminium. 

 

2. Liquid Controls System Accessories Air Eliminator Optical 

 

Eliminator optik memakai perubahan indeks bias, tujuannya agar bisa mendeteksi udara. Tipe eliminator satu ini lebih responsif dibandingkan standard eliminator. 

 

Eliminator udara optik memang dirancang untuk bekerja menggunakan flow meter pada aplikasi pengukuran produk minyak olahraga maupun LPG. 

 

3. Steel Eliminator 

 

Steel eliminator sangat cocok digunakan pada flow meter berbahan baja. Secara fungsi, tipe satu ini tetap sama dengan beberapa tipe air eliminator yang lain. Spesifikasinya adalah dapat dipasang menggunakan strainers type steel. Bisa digunakan pula pada fluida dengan tekanan 3560 psi. 

 
4. Bulk Plant Eliminator 

 

Bulk plant eliminator cocok digunakan untuk pabrik massal. Salah satu jenis air eliminator ini tersedia dengan beberapa model, yaitu dual head, model single head, sebagai sistem optik. 

 

Model single head adalah model paling baru dari tipe ini. Moden satu ini mempunyai proses instalasi sederhana, menghilangkan slug udara bermasalah, dan mengurangi perawatan. 

 

Demikianlah informasi tentang Liquid Controls system accessories air eliminator yang perlu diketahui. Bagi Anda yang ingin menemukan produk liquid controls yang berkualitas bisa percayakan kepada Liquid Controls Flow Meter Indonesia. 

 

Ini merupakan distributor resmi yang telah terbukti menawarkan produk berkualitas untuk segala keperluan industri. Jika Anda ingin mengetahui informasi produk yang ditawarkan, segera kunjungi website utama kami dan melakukan konsultasi sebelum membeli produk.